EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK PESERTA DIDIK KELAS V SDN NO.49 PANJO’JO KABUPATEN TAKALAR

Authors

  • Fitriani Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
  • Andi Halimah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
  • Safei Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
  • Fajri Basam Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24252/jipmi.v4i1.27186

Abstract

Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui keterampilan menulis cerita pendek peserta didik kelas V SDN No.49 Panjo’jo Kabupaten Takalar sebelum digunakan media komik, (2) untuk
mengetahui keterampilan menulis cerita pendek peserta didik kelas V SDN No.49 Panjo’jo Kabupaten Takalar setelah digunakan media komik, (3) untuk mengetahui efektivitas penggunaan media komik terhadap keterampilan menulis cerita pendek peserta didik kelas V SDN No.49 Panjo’jo Kabupaten Takalar. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif
dengan pendekatan pre-experimental design dengan jenis desain “One Grup pretest- Postest”.Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 15 peserta didik dengan jumlah sampel yang diambil berjumlah 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes. Berdasarkan hasil analisis deskriptif sebelum menggunakan media komik peserta didik kelas V
SDN No.49 Panjo’jo Kabupaten Takalar dengan nilai tertinggi 68 dan terendah 40 dengan nilai rata-rata 54,13 dan berdasarkan hasil analisis deskriptif setelah menggunakan media komik peserta didik kelas V SDN No.49 panjo’jo Kabupaten Takalar dengan nilai tertinggi 75 dan terendah 54 dengan rata-rata 63,73. Berdasarkan uji Paired Sample T-Test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,004. Nilai signifikansi diperoleh tersebut lebih kecil dari ? (0,004 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan menulis cerita pendek peserta didik kelas V SDN No.49 Panjo’jo Kabupaten Takalar yang signifikan pada data pre test dan post test. Hasil analisis uji T dengan menunjukkan Thit = 10,999 dengan Ttable = 3,380. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan media komik efektif terhadap keterampilan menulis cerita pendek peserta didik kelas V SDN No.49 Panjo’jo Kabupaten Takalar. 

Downloads

Published

2022-02-07

How to Cite

Fitriani, Halimah, A. ., Safei, & Basam, F. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA KOMIK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK PESERTA DIDIK KELAS V SDN NO.49 PANJO’JO KABUPATEN TAKALAR. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 4(1), 34–41. https://doi.org/10.24252/jipmi.v4i1.27186

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3