PERBANDINGAN MEDIA DIORAMA DAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V

Authors

  • Reni Isnaeni Kardillah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
  • St Syamsudduha Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
  • Safei Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24252/jipmi.v4i1.27187

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai perbandingan media diorama dan media big book pada hasil belajar dalam materi ekosistem pada peserta didik kelas V MIS Maroanging No.17
Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba.Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan media diorama
pada pe lajaran IPA kelas V MIS Maroanging, (2) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan media big book pada pelajaran IPA kelas V MIS Maroanging, (3) untuk mengetahui membandingkan antara hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan media diorama dan media big book pada pelajaran IPA kelas V MIS Maroanging. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Hasil penelitian yang diperoleh pada kedua kelas tersebut melalui
 nalisis deskriptif yaitu nilai rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar dengan menggunakan media diorama sebesar 75,2 sedangkan nilai rata-rata hasil belajar peserta
didik dengan media big book sebesar 82,2. Hasil analisis inferensial data menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh thitung =3,453>ttabel= 2,042 dan signifikan
(0,00<0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikansi dari penggunaan media diorama dan media big book terhadap hasil belajar peserta didik kelas
V MIS Maroanging No.17 Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba.

Downloads

Published

2022-02-07

How to Cite

Kardillah, R. I. ., Syamsudduha, S., & Safei. (2022). PERBANDINGAN MEDIA DIORAMA DAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V. Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah , 4(1), 42–51. https://doi.org/10.24252/jipmi.v4i1.27187

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>