PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF POWERPOINT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MIN 1 KOTA MAKASSAR
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan media interaktif powerpoint pada kelas eksperiman V A MIN 1 Kota Makassar, 2) untuk mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik tanpa menggunakan media interaktif powerpoint kelas kontrol V B MIN 1 Kota Makassar, 3) untuk menganalisis pengaruh media interaktif powerpoint terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V MIN 1 Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental. Responden dalam penelitian ini
berjumlah untuk kelas V A sebanyak 20 peserta didik dan kelas V B 21 peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh rata-rata nilai dari satu kelompok yakni kelompok eksperimen tes pretest sebesar 68, berada pada kategori rendah dengan persentase 45%. Sedangkan tes posttest diperoleh nilai rata-rata sebesar 73 pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 76%. Kelompok kontrol yakni tes pretest sebesar 67 berada pada kategori
sedang dengan persentase 28%. Sedangkan tes posttest diperoleh nilai rata-rata sebesar 76 pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 66%. Sedangkan berdasarkan hipotesis Uji Independent Sample T- Test Berdasarkan hipotesis Uji Independent Sample T- Test dengan Equal variances assumed hasil tersebut menunjukkan bahwa nilai thitung =3.108 dan nilai sig (2- tailed) bernilai 0,003. Untuk mengetahui nilai distribusi ttabel dilihat berdasarkan df =39 dengan
taraf signifikansi α = 0,05 adalah 1,68. Karena nilai thitung > ttabel (3.108 > 1,68) dan sig (2-tailed) 0,003< 0,05, maka Ho ditolak dan HI diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar peserta didik pada kelas V MIN 1 Kota Makassar.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.