PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN CENTRE MAWANG KABUPATEN GOWA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan: a) Untuk mengetahui hasil belajar sebelum
menggunakan media Pop-Up Book terhadap peserta didik kelas IV mata pelajaran IPA SDN Centre Mawang,b) hasil belajar setelah menggunakan media Pop-Up Book terhadap peserta didik kelas IV mata pelajaran IPA SDN Centre Mawang, c) Untuk mengetahui pengaruh media Pop-Up Book terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV mata pelajaran IPA SDN Centre Mawang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen Responden dalam penelitian ini berjumlah untuk kelas control 33 orang dan
kelas eksperimen 34 orang yang diperoleh menggunakan tehnik Sampling purposive. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa :1) Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan terhadap kelas kontrol memperoleh peningkatan sebesar yakni nilai rata-rata pretest adalah 44,57 sedangkan nilai rata-rata posttes adalah 51,48 dengan selisih sebanyak 6,91. 2) Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi daur hidup hewan terhadap kelas eksperien menggunakan media pop-up book memperoleh peningkatan sebesar nilai rata-rata pretest adalah 32,94
sedangkan nilai rata-rata posttes adalah 74,97 dengan selisih sebanyak 42,03. 3) Media pop up book berpengaruh positif terhadap hasil belajar kelas IV. Nilai Korelasinya sebesar 63% sedangkan sisanya sebesar 37% dipengaruhi oleh variabel lain berada pada kategori tinggi.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.