PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA STICK ICE CREAM TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PESERTA DIDIK KELAS II DI UPT SDN 156 INPRES MAKAMMU KABUPATEN TAKALAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berhitung peserta didik sebelum dan sesudah diajar menggunakan media Stick Ice cream serta perbedaannya pada kelas II UPT SDN 156 Inpres Makammu Kabupaten Takalar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental tipe One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian adalah seluruh peserta didik kelas II dengan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian berupa tes objektif pilihan ganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata skor pretest sebesar 54,32 termasuk kategori sedang, sedangkan rata-rata skor posttest sebesar 77,73 termasuk kategori tinggi. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung setelah penggunaan media Stick Ice cream. Hasil uji One Sample T-Test menunjukkan nilai t hitung sebesar 32,02 dengan Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05, sehingga H₀ ditolak dan H₁ diterima. Dengan demikian, terdapat perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Media Stick Ice cream terbukti memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berhitung peserta didik kelas II di UPT SDN 156 Inpres Makammu Kabupaten Takalar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.




