HUBUNGAN KINERJA PERAWAT TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN PENGGUNA YANKESTIS DALAM PELAYANAN KEPERAWATAN DI RSUD SYECH YUSUF KAB.GOWA

  • Muhammad Anwar Hafid Jurusan Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Perawat sebagai profesi yang berperan dalam memberikan pelayanan kesehatan sehingga tidak jarang pelayanan keperawatan menjadi sasaran dari rasa tidak puas pasien tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi hubungan terhadap kinerja perawat dengan kepuasan pasien pengguna yankestis.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain cross sectional. Sampel yang digunakan sebanyak 30 responden, analisa data yang digunakan adalah analisa data univariat dan bivariat dengan chi-Square.
Hasil uji statisytik didapatkan nilai P – Value sebesar 0,008, hasil uji statistic tersebut menunjukkan bahwa ada hubungan antara kinerja perawat dengan kepuasan pasien, karena nilai hitung P< Alpha  0,05 dapat disimpulkan bahwa kinerja perawat mempunyai hubungan terhadap kepuasan pasien pengguna kartu yankestis dalam pelayanan keperawatan diRSUD Syech Yusuf kab. Gowa. Dari hasil kesimpulan  diharapkan bagi kepala bagian keperawatan dan SDM perlu ditingkatkan kualits kinerja perawat dalam pelayanan keperawatan kepada pasien yankestis, diharapkan pihak rumah sakit meningkatkan kinerja perwat dengan cara rutin melaksanakan pelatihan agar tercipta perawat yang handal dan professional. 
Kata kunci: kinerja perawat,tingkat kepuasan pasien

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmandi (2008). Konsep Dasar Keperawatan . Jakarta : EGC.

_______(2008). Buku Pedoman pelaksanaan dan petunjuk teknis pelayanan kesehatan Gratis Pemerintah Provensi Sulawesi Selatan.

Chayatin, Wahida dan Mubarak, Wahida (2009). Ilmu Kesehatan Masyarakat ; Teori dan Aplikasi. Salemba Medika : Jakarta.

Hidayat, A. (2008). Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Salemba Medika : Jakarta.

Hidayat, A. (2009). Metode Penelitian Keperawatan dan Tehnik Analisis Data. Salemba Medika : Jakarta.

http://askep-net.blogspot.com/2012/07/pelayanan-keperawatan.html. Diakses tanggal 2 Mei 2013.

http://jamkesdahss.blogspot.com/2009/09/petunjuk-teknis-jamkesda.html 8 Mei 2013.

http://www.damang.web.id/2011/06/program-kesehatan-gratis-belum-sesuai.html 6 Mei 2013.

Fahmi, Irham (2011). Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi. Alfabeta.

Nursalam (2009). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pedoman Skripsi, Tesis Dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Salemba Medika : Jakarta.

Saputra, Agus (2010). Pengaruh Kinerja Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Penguna Jamkesmas Dalam Pelayanan Keperawatan di Rumah Sakit Cingkareng Jakarta Barat. Jurnal Keperawatan. Diakses tanggal 25 april 2013.

Sulaiman. Hubungan Kualitas Pelayanan Asuhan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Lontara 2 Rsud Lanto Dg. Pasewang Kabupaten Jeneponto Tahun 2011. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mega Rezky Makassar.

Yosafianti, Vivi & Alfiyanti, Dera (2010). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Persiapan Pasien Pulang Terhadap Kepuasan Pasien Tentang Pelayanan Keperawatan di RS Romani Semarang. Jurnal Kepuasan Pasien diakses tanggal 1 Mei 2013.

Published
2014-09-11
Abstract viewed = 18620 times