The Challenges of School Library in Implementing an Integrated Library System

Keywords: Integrated library system, school library

Abstract

Pendahuluan: Menerapkan teknologi di perpustakaan sekolah sudah menjadi keharusan di era saat ini. Ini dimaksudkan agar layanan perpustakaan meningkat dan sesuai dengan kebutuhan pengguna saat ini. Tulisan ini bertujuan untuk menggambarkan tantangan yang dihadapi perpustakaan sekolah SMP Teknologi Informasi Matahari dalam menerapkan integrated library system yang digunakan yakni Senayan Library Management System (SLiMS) sekaligus melihat solusi yang ditawarkan dalam menghadapi tantangan tersebut.

Metode penelitian: Data penelitian diperoleh dari pengalaman langsung peneliti yang menerapkan SLiMS di sekolah ini bersama dengan beberapa guru. Mulai dari perencanaan, pekerjaan instalasi hingga pengoperasiannya dilakukan dalam waktu 1 bulan lebih. Untuk menguatkan analisa, kajian literatur juga digunakan dalam penelitian ini.

Data analisis. Data dari pengalaman langsung ini selanjutnya dikategorikan berdasarkan tingkatan tantangan yang dihadapi sejak awal pengerjaannya hingga pengoperasiannya. Pada setiap tantangannya akan diuraikan satu persatu dan dikaitkan dengan kasus-kasus lainnya yang terjadi di tempat lain.

Hasil dan Pembahasan. Dalam penerapan ILS SLiMS di perpustakaan ini mencatatkan beberapa tantangan yang dihadapi/akan dihadapi. Secara garis besarnya tantangannya yakni ketersediaan fasilitas, keterbatasan sumber daya, perawatan dan pelestarian, dan keberlanjutan penerapan sistem.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Taufiq Mathar, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

TAUFIQ MATHAR

Email: taufiq.m@uin-alauddin.ac.id 

Contact Numbers: +62 812 7777 7543)

EDUCATION BACKGROUND
  • Bachelor of Educational of Office Administration, Universitas Negeri Makassar, 2003-2009
  • Master of Library and Information Science, IIUM Malaysia, 2011-2014
EXPERIENCES
    • Participating in "Mosque Library Services" held by Department of Library and Information Science, IIUM Malaysia, 2011.
    • Participating on "Malay Manuscript" held by National Library of Malaysia, 2015.
    • Pemateri pada Pelatihan "Pengelolaan Perpustakaan Madrasah Provinsi Sulawesi Selatan", Makassar, 2015.
    • Menjadi narasumber Pelatihan Kepustakawanan di Beberapa Daerah di Provinsi Sulawesi Selatan, 2014-Sekarang.
    • Menjadi narasumber pada workshop "Penulisan Artikel dan Peer-Reviewer pada Jurnal Elektronik (OJS), di Jurusan Arsitektur UIN Alauddin Makassar, 2017.
    • Menjadi narasumber pada workshop "Pengelolaan Jurnal Biotek Berbasis Open Journal System" di Jurusan Pendidikan Biologi UIN Alauddin Makassar, 2017.
  • Library and Information Science Students' Association (LISSA) of IIUM Malaysia (Vice President)
  • Research Assistent for a PhD Student, IIUM Malaysia, 2012
  • Editor in Chief of Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan, 2014-current
  • Rumah Jurnal UIN Alauddin Makassar, 2016-current
  • Conceptor and Developer UIN Alauddin Makassar's Repository, 2017-current.
  • Admin Turnitin UIN Alauddin Makassar 2017-current.
CERTIFICATIONS / AWARDS
  • Vice President of LISSA, IIUM Malaysia, 2013-2014
  • Penghargaan Rektor UIN Alauddin Makassar atas Akreditasi Jurnal Ilmiah, 2018
  • Penghargaan Rektor UIN Alauddin Makassar atas Akreditasi Jurnal Ilmiah, 2019
CURRENT ACTIVITIES
  • Lecturer in the Department of Library Science, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2014-current
  • Pemateri Pendampingan Jurnal Ilmiah UIN Alauddin Makassar 2017-sekarang.
  • Panitia Seminar Internasional "How to Publish in International Journals" UIN Alauddin Makassar, 2019.
  • Digital Literacy Programs
  • Aktif Melatih Dosen dan Mahasiswa Menggunakan Mendeley, 2014-sekarang.
PUBLICATIONS

References

Ariyani, L. P. S., & Mudana, W. (2016). Manajemen Perpustakaan Sekolah pada SMA dan SMK Negeri Se-Kota Singaraja: Permasalahan dan Solusi Pemecahannya. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 2(2), 123. https://doi.org/10.14710/lenpust.v2i2.13479

Ayuntari, A. (2014). Aplikasi Sistem Otomasi pada Layanan Sirkulasi di Perpustakaan SMA Negeri 8 Yogyakarta. Yogyakarta. Retrieved from https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13173/

Firdayanti. (2019). Penerapan Sistem Otomasi Perpustakaan di SMA Swasta Semen Tonasa Kabupaten Pangkep. Makassar. Retrieved from http://repositori.uin-alauddin.ac.id/17703/

Hery Griadhi, M. (2015). Peningkatan Layanan Berbasis Teknologi Informasi (TI) pada Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan Dan Informasi, 1(2).

Hidayati, E. (2021). Menjadi Pustakawan Sekolah: Tugas dan Kendala yang Dihadapi. Retrieved September 25, 2022, from https://kumparan.com/ernahidayati102/menjadi-pustakawan-sekolah-tugas-dan-kendala-yang-dihadapi-1vMFQs9EVmK/full

Ismail, A., Ahmad, N., & Affandy, H. B. (2013). The Use of ICT in Rural School Libraries. Journal of Asian Scientific Research, 3(6), 587–599.

Khotimah, N. (2017). Penerapan Sistem Otomasi SLiMS 7 Cendana pada Pelayanan Sirkulasi di Perpustakaan MTs Negeri 9 Bantul. Yogyakarta. Retrieved from https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28813/

Kurniawan, D. (2020). Yuk Mengenal Apa itu Softaculous! Retrieved August 13, 2022, from https://www.niagahoster.co.id/blog/softaculous-adalah/

Kurniawan, T., Suyitno, I., Fawzi, A., & Inawati. (2020). Peningkatan layanan perpustakaan sekolah menengah atas berbasis teknologi informasi. Bibliotika : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 4(2).

Lincoln, Y. S., & Denzin, N. K. (2011). The Sage handbook of qualitative research. Sage Publications.

Musa, N. (2013). Urgensi dan Strategi Penerapan Teknologi Informasi di Perpustakaan. Pengembangan Perpustakaan Sekolah. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/308074335_Urgensi_dan_Strategi_Penerapan_Teknologi_Informasi_di_Perpustakaan

Nayana, J. (2019). A Study on Library Automation Status Among the Aided College Libraries in Bengaluru. Library Philosohpy and Practice (e-Journal), 3048. Retrieved from https://digitalcommons.unl.edu/libphilprac/3048/?utm_source=digitalcommons.unl.edu%2Flibphilprac%2F3048&utm_medium=PDF&utm_campaign=PDFCoverPages

Perpustakaan Nasional RI. (2011). Standar Nasional Perpustakaan (SNP): Bidang Perpustakaan Sekolah dan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta: Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Presiden Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah Nomor 24 tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. , (2014).

Rahmah, E., Emidar, & Zulfikarni. (2018). Pengembangan perpustakaan sekolah berbasis teknologi informasi di SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 3 Padang. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Ritchie, J., Lewis, J., Nicholls, C. M., & Ormston, R. (2013). Qualitative research practice: A guide for social science students and researchers. sage.

Safii, M., Setiawan, Ansor, S., Ernaningsih, D. N., Rahmania, L. A., & Jayanti, C. T. (2021). Penerapan Otomasi Perpustakaan Sekolah di Malang Raya. AKSIOLOGIYA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1).

Saptono, S. B. (2013). Implementasi Sistem Otomasi Perpustakaan Berbasis Senayan Library Management System (SLiMS) Versi 5 (Meranti) dalam Pelayanan Sirkulasi di Perpustakaan SD Negeri Kotagede 3 Yogyakarta. Yogyakarta. Retrieved from https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/8437/

Setiawan, Syahri, M., Ernaningsih, D. N., Inawati, & Dewi, A. N. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Manajemen Perpustakaan Sekolah Berbasis Teknologi Informasi. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2).

Tirta Buana Media. (2022). Permasalahan Umum Perpustakaan Sekolah dan Solusinya. Retrieved September 25, 2022, from https://tirtabuanamedia.co.id/permasalahan-umum-perpustakaan-sekolah-dan-solusinya/

Yasliyanah, A. (2016). Penerapan Sistem Otomasi Perpustakaan pada SMA Negeri 6 Bone Kabupaten Bone. Makassar. Retrieved from http://repositori.uin-alauddin.ac.id/17689/

Published
2022-09-30
How to Cite
Mathar, T., & Irawati. (2022). The Challenges of School Library in Implementing an Integrated Library System. Literatify : Trends in Library Developments, 3(2), 112-121. https://doi.org/10.24252/literatify.v3i2.31964
Section
Artikel
Abstract viewed = 109 times