Strategi Perpustakaan Digital Institut Teknologi Sawit Indonesia Medan dalam Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.24252/literatify.v6i2.60386Keywords:
Perpustakaan Digital; Minat Baca; Strategi PerpustakaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji inisiatif strategis yang diterapkan oleh Perpustakaan Digital Institut Teknologi Sawit Indonesia (ITSI) Medan dalam meningkatkan minat baca mahasiswa di era digital. Seiring dengan transformasi digital yang semakin memengaruhi perilaku akademik, identifikasi strategi perpustakaan yang efektif menjadi penting dalam menumbuhkan budaya baca di kalangan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan utama meliputi pustakawan, staf akademik, serta mahasiswa yang aktif memanfaatkan layanan perpustakaan digital. Analisis data dilakukan secara tematik untuk mengungkap pola dan strategi yang digunakan oleh perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perpustakaan Digital ITSI telah menerapkan berbagai langkah strategis, seperti pengembangan platform digital yang ramah pengguna, akses seluler ke sumber daya elektronik, integrasi dengan sistem akademik, serta penyelenggaraan pelatihan literasi digital secara rutin. Strategi ini secara signifikan meningkatkan keterlibatan mahasiswa dengan bahan bacaan. Upaya promosi melalui media sosial dan pemberian rekomendasi bacaan yang dipersonalisasi juga efektif dalam mempertahankan minat baca mahasiswa. Meski demikian, tantangan seperti keterbatasan akses internet dan kesenjangan literasi digital di kalangan mahasiswa masih perlu diatasi. Kesimpulannya, strategi yang diterapkan telah memberikan dampak positif, namun perlu diiringi dengan peningkatan infrastruktur digital dan perhatian terhadap kesetaraan akses bagi seluruh mahasiswa.
Downloads
References
Darmono. (2020). Perpustakaan sekolah: Pendekatan aspek manajemen dan tata kerja. Gorontalo.
Fany, A. H., & Rifqi, A. (2022). Strategi Pustakawan dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah. Ejournal.Unesa.Ac.Id, 10(4), 699–708. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48788%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/48788/40953
Gilster, P. (1997). Digital literacy. Wiley Computer Pub.
Mahardika Sari, R., Gusti Ayu Karnasih, I., Fakhriza, I., & Kemenkes Malang, P. (2025). Faktor-Faktor Rendahnya Kunjungan Mahasiswa Ke Perpustakaan. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 599–608. https://doi.org/10.51878/LEARNING.V5I2.4867
Ningsih, L. S. (2023). Peran perpustakaan dalam meningkatkan literasi informasi di kalangan masyarakat: sebuah systematic literature review. Pustaka Karya: Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 11(2).
Ramadhiani, A. (2023). Strategi Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Melalui Perpustakaan Digital. ABDI PUSTAKA: Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 3(2), 54–63. https://doi.org/10.24821/JAP.V3I2.7814
Rukminingsih. (2021). Metode penelitian pendidikan. Deepublish.
Sari, F. D. N., Zilla, N. E., Risnawati, R., Rosidah, S. R. N., & Hawa, M. (2024). Pentingnya Meningkatkan Minat Baca pada Mahasiswa sebagai Kunci Prestasi Akademik. Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 739–747. https://doi.org/10.31332/ALADL.V4I1.2804
Sayekti, R. (2019). Perpustakaan Digital: Mengukur Penerimaan Inovasi Teknologi.
Setyorini, D. (2019). Pemanfaatan media sosial dalam layanan informasi perpustakaan. Jurnal Pustaka Ilmiah.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Sulistyo-Basuki. (2018). Pengantar ilmu perpustakaan. Universitas Terbuka.
Suprihatin. (2022). Strategi Pustakawan dalam Optimalisasi Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik di Perpustakaan Sekolah. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 5(2), 219–232.
Sutarno, N. S. (2017). Perpustakaan dan masyarakat: Suatu pengantar ilmu perpustakaan. Sagung Seto.
Suwanto, J. (2020). Kolaborasi dosen dan pustakawan dalam meningkatkan pemanfaatan koleksi perpustakaan. Jurnal Pustakawan Indonesia, 20(1), 45–56.
Taylor, R. (2015). Question-Negotiation and Information Seeking in Libraries. College & Research Libraries, 76(3), 251–267. https://doi.org/10.5860/crl.76.3.251
Warsita, B. (2019). Teknologi pembelajaran: Landasan dan aplikasinya. Rineka Cipta.
Wulan Sari, E., Mariana, N., Anugerah Izzati, U., Hariyati, N., & Roesminingsih, E. (2024). Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Digital terhadap Minat Baca dan Literasi. Journal of Education Research, 5(3), 2515–2522. https://doi.org/10.37985/JER.V5I3.1052
Yani, F. (2022). Minat baca dan minat berkunjung mahasiswa ke perpustakaan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran (JIPP), 6(2), 354–362.
Yusup, F. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Putri Maharani, Abdi Mubarak Syam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
By submitting your manuscript to our journal, you are following Copyright and License