Strategi Perpustakaan Digital Institut Teknologi Sawit Indonesia Medan dalam Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa

Authors

  • Putri Maharani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Adi Mubarak Syam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.24252/literatify.v6i2.60386

Keywords:

Perpustakaan Digital; Minat Baca; Strategi Perpustakaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji inisiatif strategis yang diterapkan oleh Perpustakaan Digital Institut Teknologi Sawit Indonesia (ITSI) Medan dalam meningkatkan minat baca mahasiswa di era digital. Seiring dengan transformasi digital yang semakin memengaruhi perilaku akademik, identifikasi strategi perpustakaan yang efektif menjadi penting dalam menumbuhkan budaya baca di kalangan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan utama meliputi pustakawan, staf akademik, serta mahasiswa yang aktif memanfaatkan layanan perpustakaan digital. Analisis data dilakukan secara tematik untuk mengungkap pola dan strategi yang digunakan oleh perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perpustakaan Digital ITSI telah menerapkan berbagai langkah strategis, seperti pengembangan platform digital yang ramah pengguna, akses seluler ke sumber daya elektronik, integrasi dengan sistem akademik, serta penyelenggaraan pelatihan literasi digital secara rutin. Strategi ini secara signifikan meningkatkan keterlibatan mahasiswa dengan bahan bacaan. Upaya promosi melalui media sosial dan pemberian rekomendasi bacaan yang dipersonalisasi juga efektif dalam mempertahankan minat baca mahasiswa. Meski demikian, tantangan seperti keterbatasan akses internet dan kesenjangan literasi digital di kalangan mahasiswa masih perlu diatasi. Kesimpulannya, strategi yang diterapkan telah memberikan dampak positif, namun perlu diiringi dengan peningkatan infrastruktur digital dan perhatian terhadap kesetaraan akses bagi seluruh mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achadi Budi Santosa, S. S. (2022). Strategi Manajemen Perpustakaan Digital untuk Meningkatkan Kualitas Akademik. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 136-147.

Ainun Nurul Latifah, H. S. (2024). Strategi pengelolaan perpustakaan dalam meningkatkan minat baca masyarakat di era digital. TADWIN: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 5(2), 115-125.

Amirullah, R. U. (2022). Strategi Perpustakaan Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Literasi Mahasiswa. Ulul Amri: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1-12.

Erna Wulan Sari, N. M. (2024). Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Digital terhadap Minat Baca dan Literasi. ournal of Education Research, 5(3), 2515-2522.

Fitria Ulpa, R. S. (2025). EFEKTIVITAS PROGRAM JAKOSBA DI SMP NEGERI I DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 45-58.

Indrawijaya, A. I. (2010). Teori, perilaku, dan budaya organisasi.

Inganatul Khasanah, N. K. (2022). Meningkatkan minat baca siswa melalui perpustakaan di SMAN 1 Tegalombo Pacitan. IJAL (Indonesian Journal of Academic Librarianship), 5(3), 18-25.

Leila Setia Ningsih, R. S. (2023). Peran perpustakaan dalam meningkatkan literasi informasi di kalangan masyarakat: sebuah systematic literature review. Pustaka Karya: Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 11(2), 141-156.

Musfah, J. (2012). Peningkatan kompetensi guru: Melalui pelatihan dan sumber belajar teori dan praktik. Jakarta: Kencana.

PRASTOWO, A. (2012). Manajemen Perpustakaan Sekolah Profesional . Jogjakarta: Diva Press.

Rafii Athallah Aqsal, S. F. (2023). Strategi Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa Universitas Islam Negeri Bandung. In Gunung Djati Conference Series, 87-104.

Retno Sayekti, M. (2019). Perpustakaan Digital: Mengukur Penerimaan Inovasi Teknologi.

Rosalin, E. (2008). Pemanfaatan perpustakaan dan sumber informasi. Bandung: Karsa Mandiri Persada.

Rukiminingsih, G. A. (2020). Metode penelitian pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas, 53(9).

Sahra, N. (2022). STRATEGI PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MAHASISWA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO . (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Palopo).

Sri Ramadani, F. P. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpustakaan Digital terhadap Peningkatan Minat Baca Mahasiswa pada Dinas Perpustakaan Daerah Kota Medan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(1), 1145-1162.

Sudarsana, U. (2014). Pembinaan minat baca. 1-49.

Sudirman Anwar, S. M. (2019). Manajemen perpustakaan. Zahen Publisher.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Supriyanto, W. (2015). Pengembangan sistem layanan perpustakaan digital. Libraria Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 1-12.

Syafa'atul Khusna, L. M. (2022). Gerakan literasi dalam meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(2), 101-112.

Yusup, F. (2018). Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).

Published

2025-09-06

How to Cite

Maharani, P., & Syam, A. M. (2025). Strategi Perpustakaan Digital Institut Teknologi Sawit Indonesia Medan dalam Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa. Literatify : Trends in Library Developments, 6(2). https://doi.org/10.24252/literatify.v6i2.60386

Issue

Section

Artikel

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.