Relevansi Konsep Pendidikan Berbasis Akhlak Umar Bin Ahmad Baraja dalam Kitab Akhlāq Li Banin terhadap Pendidikan Karakter NP PENDIDIKAN BERBASIS AKHLAK UMAR BIN AHMAD BARAJA DALAM KITAB AKHLĀQ LI BANIN TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER NASIONAL

Penulis

  • Abdurrahman Fadly Jaya Pascasarjana UIN Alauddin Makassar
  • Syarifuddin Ondeng Pascasarjana UIN Alauddin Makassar
  • Erwin Hafid Pascasarjana UIN Alauddin Makassar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Relevansi Konsep Pendidikan
Berbasis Akhlak Umar Bin Ahmad Baraja dalam kitab Akhlāq Li Banin Terhadap Pendidikan Karakter
Nasional. Untuk Menjawab Permasalahan ini Peneliti menggunakan Pendekatan Pedagogik dan
Psikologi, penelitian ini tergolong penelitian library research yang sumber utamanya berasal dari
kitab Akhlāq Li Banin Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik
studi dokumenter yakni pengumpulan data dari peninggalan tertulis berupa arsip-arsip dan bukubuku
tentang teori, pendapat, maupun hukum-hukum. Adapun teknik analisis data yang digunakan
adalah analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Konsep pendidikan
Umar Bin Ahmad Baraja yang terkandung dalam kitab Akhlaq Li Al-Banin yaitu mencakup sifat-sifat
akhlak dan ruang lingkupnya, Pendidikan karakter menurut Umar Baradja adalah serangkaian
konsep dasar dalam membentuk sifat, karakter, watak yang harus dimiliki dan dijadikan kebiasaan
oleh anak-anak, remaja, dewasa dan usia lanjut. Umar mendasarkan pemikiran nilai (karakter) nya
pada kewajiban seorang hamba pada sang Khaliq dan Nabi-nya keluarga, ayah, ibu dan saudarasaudara
serta kerabat dan seluruh manusia. karakter yang disarankan oleh Umar Baradja
mengarahkan manusia kepada kebaikan dunia akhirat, artinya kebaikan dunia dapat dipercaya,
jujur, bijaksana, penyabar, dermawan dan lain-lain; yang dimaksud kebaikan akhirat adalah selamat
dari murka Tuhan. Adapun sifat akhlak dibagi menjadi dua, yakni akhlak terpuji dan akhlak tercela.
Sedangkan akhlak berdasarkan ruang lingkupnya dibagi menjadi dua, yakni akhlak terhadap Allah
dan akhlak terhadap makhluk yakni akhlak terhadap sesama manusia yang meliputi akhlak terhadap
diri sendiri, akhlak terhadap orang lain (keluarga dan masyarakat), serta akhlak terhadap makhluk
selain manusia yakni akhlak terhadap lingkungan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-31

Cara Mengutip

Jaya, A. F. ., Ondeng, S. ., & Hafid, E. . (2021). Relevansi Konsep Pendidikan Berbasis Akhlak Umar Bin Ahmad Baraja dalam Kitab Akhlāq Li Banin terhadap Pendidikan Karakter NP PENDIDIKAN BERBASIS AKHLAK UMAR BIN AHMAD BARAJA DALAM KITAB AKHLĀQ LI BANIN TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER NASIONAL. MERCUSUAR : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(3). Diambil dari https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/mercusuar/article/view/28049

Terbitan

Bagian

Artikel