Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Multimedia terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Pannara Kota Makassar

Penulis

  • Anjani Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar
  • Eka Fitriana KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM UIN ALAUDDIN MAKASSAR
  • Suhardianto Universitas Megarezky

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh media pembelajaran berbasis multimedia terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Pannara Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian eksperimental ini tergolong ke dalam Pre-eksperimental untuk satu kelompok; sampel penelitian terdiri dari 31 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, kuesioner, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Dalam penelitian ini, kelas eksperimen diberi pre-test menggunakan kuesioner tentang penggunaan multimedia pembelajaran video. Hasil uji hipotesis pada tingkat signifikansi alpha (0,05) dengan uji-t menunjukkan nilai (0.000) dengan kriteria sig (0,000) < alpha 0,000 artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia pada minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA untuk siswa kelas V SD Negeri Pannara Kota Makassar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-31

Cara Mengutip

Anjani, Fitriana, E. ., & Suhardianto. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Multimedia terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Pannara Kota Makassar. MERCUSUAR : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 2(3). Diambil dari https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/mercusuar/article/view/31080

Terbitan

Bagian

Artikel