Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp dalam Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar

Penulis

  • Nur Indah Sari Universitas Megarezky
  • Satriawati Universitas Megarezky
  • Muh. Khaedar Universitas Megarezky

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial WhatstApp dalam Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar. Jenis penelitian ini digolongkan kedalam penelitian eksperimen dengan bentuk pre eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar sebanyak 22 siswa di antaranya 14 laki-laki, dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial untuk uji hipotesis dengan menggunakan bantuan SPSS 22 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pemanfaatan media sosial WhatsApp dalam pembelajaran terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar terdapat pengaruh dengan nilai signifikan 0,00 < α (0,05) yang berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2022-04-30

Cara Mengutip

Sari, N. I. ., Satriawati, & Khaedar, M. . (2022). Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp dalam Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas V SD Inpres Borong Jambu II Kota Makassar. MERCUSUAR : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(1). Diambil dari https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/mercusuar/article/view/31090

Terbitan

Bagian

Artikel