PERSPEKTIF MASYARAKAT KAMPUS DALAM MENDUKUNG PENGEMBANGAN SISTEM TRANSPORTASI RAMAH LINGKUNGAN (TRANSPORTASI HIJAU) DI KAMPUS UIN ALAUDDIN MAKASSAR

  • Iyan Awaluddin UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Implementasi sebuah kebijakan baik itu ditingkat nasional, provinsi bahkan sampai wilayah kawasan seperti kawasan kampus perlu untuk mendengarkan masukan dan tanggapan masyarakatnya dalam hal ini masyarakat kampus UIN Alauddin Makassar. Begitupula kebijakan atau rencana program perwujudan sistem transportasi ramah lingkungan (transportasi hijau) di dalam kampus yang telah digagas sebelumnya bersama para pimpinan dalam hal ini Rektor UIN Alauddin Makassar dianggap sangat perlu untuk mendengar dan mempertimbangkan tanggapan atau persepsi masyarakat tentang rencana tersebut sebagai bentuk partisipasi masyarakat kampus dalam membangun kampus UIN Alauddin Makassar.
Dengan merujuk pada indikator UI GreenMetric 2021, maka penilaian persepsi masyarakat dan penentuan skala priorotas program sistem transportasi ramah lingkungan di dalam kampus UIN Alauddin dilakukan dengan metode pendekatan analisis berupa kombinasi pendekatan kualitatif dan kuantitatif bagi penilaian persepsi masyarakat dan dalam menentukan prioritas pengembangannya, menggunakan data berupa data primer dan data sekunder yang diperoleh dari arsip data UIN Alauddin Makassar dan sumber pustaka lainnya.
Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa secara umum, perspektif masyarakat kampus dalam pengembangan konsep sistem transportasi ramah lingkungan (transportasi hijau) di Kawasan Kampus 2 UIN Alauddin Makassar direspon baik dan disetujui oleh masyarakat kampus, bahkan jika dilihat lebih rinci terdapat beberapa program yang justru direspon sangat baik atau sangat disetujui oleh masyarakat kampus yang sekaligus menjadi program prioritas utama.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-07
How to Cite
Awaluddin, I. (2022). PERSPEKTIF MASYARAKAT KAMPUS DALAM MENDUKUNG PENGEMBANGAN SISTEM TRANSPORTASI RAMAH LINGKUNGAN (TRANSPORTASI HIJAU) DI KAMPUS UIN ALAUDDIN MAKASSAR. Plano Madani : Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 11(2), 81-94. https://doi.org/10.24252/jpm.v11i2.33917
Section
ARTICLES
Abstract viewed = 236 times