STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA BAHARI BERDASARKAN PERSEPSI MASYARAKAT DI KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA

  • Mastaufiq Hidayat Institut Teknologi Kalimantan
    (ID)

Abstract

Pariwisata merupakan sektor penting dalam peningkatan pendapatan nasional maupun daerah. Pariwisata dapat menjadi sektor utama dalam meningkatan sektor-sektor lainnya dalam penyelenggaraan pemerintah, seperti sektor ekonomi, budaya maupun sosial. Berdasarkan RPJPD Kabupaten Penajam Paser Utara 2005 – 2025, pariwisata alam bahari menjadi fokus pengembangan kawasan strategis pada sektor pariwisata di Kabupaten Penajam Paser Utara. Dalam meningkatkan daya tarik  pariwisata bahari yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta untuk membantu mengembangakan perekonomian masyarakat lokal melalui pariwisata bahari perlu dilakukan adanya strategi pengembangan pariwisata bahari yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara. Strategi pengembangan yang dilakukan untuk pariwisata bahari yang ada di Kabupaten Penajam Paser Utara adalah berdasarkan persepsi masyarakat. Analisis yang digunakan terdiri dari analisis kebutuhan pengembangan sarana-prasarana Objek Daya Tarik Wisata (ODTW), evaluasi penilaian ODTW, dan analisis SWOT untuk merumuskan strategi. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa 7 ODTW bahari yang terdapat di Kabupaten Penajam Paser Utara digolongkan dalam 4 prioritas. Serta strategi yang muncul untuk pengembangan merupakan hasil dari analisis-analis yang telah dilakukan sebelumnya dan berdasarkan survei primer terhadap pengunjung dan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-05-03
How to Cite
Hidayat, M. (2019). STRATEGI PENGEMBANGAN PARIWISATA BAHARI BERDASARKAN PERSEPSI MASYARAKAT DI KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA. Plano Madani : Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 8(1), 60-71. https://doi.org/10.24252/jpm.v8i1.6944
Section
ARTICLES
Abstract viewed = 430 times