Institusi-institusi Pendidikan dan Transmisi Ilmu: Masjid, Madrasah, dan Lembaga Pendidikan

  • Aminatul Mahmudah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)

Abstract

Abstrak

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui institusi-institusi pendidikan Islam yang muncul dan berkembang dalam membangun peradaban Islam yang maju dalam bidang keilmuan. Hal ini menjadikan institusi pendidikan Islam sebagai sarana berlangsungnya proses transmisi ilmu di dalamnya yang telah berjalan dari waktu ke waktu. Perkembangan institusi pendidikan Islam ini telah menunjukkan eksistensinya dari masa Nabi Muhammad SAW yang dimulai dari institusi pra Madrasah yakni salah satunya masjid sebagai pusat transmisi Ilmu kala itu, hingga berkembang pesat menjadi madrasah dan lembaga pendidikan Islam yang banyak bermunculan. Transmisi ilmu dalam institusi pendidikan telah membangun peradaban Islam menjadi tumbuh, berkembang dan maju seperti sekarang ini.

Kata Kunci: Institusi Pendidikan Islam, Transmisi Ilmu, Masjid, Madrasah, Lembaga Pendidikan

 

Abstract

This paper aims to find out Islamic educational institutions that have emerged and developed in building an advanced Islamic civilization in the field of science. This makes Islamic educational institutions as a means of transmitting knowledge in it which has been running from time to time. The development of this Islamic educational institution has existed since the time of the Prophet Muhammad, which began with pre-madrasa institutions, one of which was the mosque as a center for the transmission of knowledge at that time, until it developed rapidly into madrasas and Islamic.educational.institutions that have sprung up. The transmission of knowledge in educational institutions has built Islamic civilization to grow, develop and advance as it is today.

 

 

 

 

References

Ahid, Nur. 2008. Madrasah Sebagai Institusi Pendidikan: Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangannya. Jurnal Tribakti. Vol.19 No.2

Andriani1, Asna. Munculnya Lembaga Pendidikan Islam. (Tulungagung: STAI Muhammadiyah)

Dewi, Rusmala. 2014. Madrasah dan Transmisi Ilmu Pengetahuan Dalam Peradaban Islam. Nurani. Vol.14. No.2.

Engkau, Iskandar dan Siti Zubaidah. 2014. Sejarah Pendidikan Islam. (Bandung: Rosdakarya)

Fahri, Ismail. 2008. Metodologi Transmisi Keilmuan Islam Klasik. Lembaran Ilmu Kependidikan: Jilid 37. No.1

Idris, Muhammad. Institusi Pendidikan Islam Sebelum Madrasah: Majid dan Kuttab. (Medan: Jurnal UIN Sumatera Utara)

Langgulung, Hasan. Pendidikan Islam Menghadapi Abad ke-21. 1988. (Jakarata: Pustaka AlHusna)

Muhajir. 2014. Pesantren Sebagai Institusi Pendidikan Islan. Jurnal Saintifika Islamica. Vol.1 No.2

Mustofa, Ali. Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Pesantren, Madrasah dan Sekolah. Jombang: STIT Urwatul Wustqo

Ramayulis. 2002. Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta: Kalam Mulia)

Rivai, Veithzal dan Sylviana Murni. Education Management. (Jakarta: PT RAJAGRAFINDO).

Rostitawati ,Tita. 2017. Transmisi Ilmu DalamTradisi Islam. TADBIR: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol.5 No.2.

Syafe’I,Imam. 2017. Pondok Pesaantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam. Vol.8.

Yasmadi. 2002 Modernisasi Pesantren, Kritik Nurcholis Madjid Terhadap Pendidikan Islam Tradisional. Jakarta: Ciputat Press

Published
2021-12-30
Abstract viewed = 99 times