Pola Pembinaan Anak Yatim Perspektif Hukum Islam dan Undang-Undang Perlindungan Anak; Studi Kasus LKSA di Panti Asuhan Amrillah Kab. Gowa

  • Ihsan Ihsan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Muhammad Anis UIN Alauddin Makassar

Abstract

Allah swt. telah menjadikan agama Islam sebagai agama yang menaungi berbagai aspek kehidupan manusia baik dan menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman dalam menjalankan agama Islam. Tentunya Allah Swt menuntun makhluknya kepada kebaikan dunia dan akhirat yaitu dengan memberikan arahan mengenai kebenaran dan keburukan yang sejalan dengan fungsi Al-Qur’an terhadap manusia sebagai pembeda antara kebaikan dengan keburukan. Anak menjadi salah satu generasi Islam harus diberikan pendidikan yang layak. Tujuan dari penelitian ini untuk menilik dan menelusuri pola pembinaan anak asuh pada panti asuhan Amrillah, dalam persfektif hukum Islam dan Undang-Undang Perlindungan Anak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dan bersifat kualitatif dan komparatif. Sumber data yang dipergunakan dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan sekunder. Hasil penelitian ini adalah bahwa kewajiban pola pembinaan anak yatim perspektif hukum Islam dan undang-undang perlindungan anak, maka perlu ada upaya untuk melakukan terobosan baru dalam mensosialisasikan perlunya mengadopis pola pembinaan dalam Islam maupun Undang-Undang agar dijadikan sebagai rujukan dalam pola pembinaan panti asuhan. Peneliti menemukan, ada empat pola pembinaan yang digunakan pada pola pembinaan Panti Asuhan Amrillah, pertama pola pembinaan rohani yang erat kaitannya dengan agama, kedua pola pembinaan akhlak yang berkaitan dengan kehidupan sosial anak asuh, ketiga pola pembinaan mental dan keempat pola pembinaan fisik atau jasmani.

Kata Kunci: Pola Pembinaan, Anak Yatim, Hukum Islam, UU Perlindungan Anak

References

Akhmansyah, M. Tujuan Pendidikan Rohani Perspektif Pendidikan Sufistik, Ijtima’iyyah, Vol 9, No.1 Februari 2016, h. 92

Ali, Achmad. Menguak Teori Hukum (Legal Theory) dan Teori Peradilan (Judical Prudence). Cet. 1; Jakarta: Kencana Pranada Media Grup, 2009.

Ali, Zainuddin. Hukum Pidana Islam. Cet. Pertama; Jakarta: Sinar Grafika, 2007. Azmi, Muhammad. Pembinaan Akhlak Anak Usia Pra Sekolah, Upaya Mengektifkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Keluarga. Cet. Alauddin University Press, 2012.

As-Suyuti, Jalaluddin dan Al- Mahalli. 2007. Tafsir Jalalain. Terj. Bahrun Abubakar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Daradjat, Zakiah. 2006. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta; Sinar Grafika Offset, 2006 Fatimah, Hukum Islam dan Hukum Adat dalam Sistem Hukum Nasional. Cet. Alauddin University Press, 2005.

Daud, Ali Mohammad. Hukum Islam: Pengantar Ilmu Hukum dan Tata Hukum Islam di Indonesia. Jakarta Raja Grafindo Persada, 2007.

Hartini, N. Metodologi Pendidikan Anak dalam Pandangan Islam (Studi tentang Cara-Cara Rasulullah saw. Dalam Mendidik Anak), Jurnal Pendidikan Islam- Ta’lim Vol.9 No.1-2011, h. 36, upi.edu. (08 Januari 2021)

http://e-journal. uajy. ac.id/163/3/2TA12924.pdf (23 November 2019). http://kbbi.web.id/mendidik (26 November 2019). http://nopianaharahap.blogspot.co.id/2014/11/panti-asuhan.html (26 November 2019).

Kementrian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahan. No:P.VI/1/TL.02.01/111/2012.

Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia Untuk Pelajar Surabaya: Amelia Surabaya, 2003.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, kbbi.kemendikbud.go.id, (24 Januari 2021)

Kementrian Sosial Indonesia, Keputusan Menteri Sosial N0. 30 Tahun 2011 tentang Standar Nasional Pengasuhan Anak Untuk Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak.

Lexy J. Majelong, 1995. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosyada Karya.

Lie, Melati. “Efektivitas Pengukuran Kinerja Badan Kepegawaian Daerah Kota Palopo”. Skripsi. Makassar: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin, 2015.

M. Bakry, Muammar. Asas Prioritas Dalam Al-Maqashid Al-Syar’iah, Al Azhar Islamic Low Review, http://www.ejournal.staialazhar.ac.id/index.php/ailrev/article/view/4 (26 Januari 2021)

Maulidina Mathin, Almira. 2018. Pola Pembinaan Kepribadian Anak Yatim di Panti Asuhan (Studi Kasus Panti Yatim Indonesia Cabang Bogo, Kabupaten Bogor, Jawa Barat), Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial: Universitas Negeri Jakarta.

Muhammad, Abdullah Syaikh Alu. Tafsir Ibnu Katsir Jilid 2. Cet. Pustaka Imam As- Syafi’I, 2009.

Muhsin, Mari Mencintai Anak Yatim. Cet. Gema Insani Press, 2003.

Mustafa, Zulhas’ari. Kualifikasi Maqashid Al-Syari'ah dalam Konteks Penetapan Hukum Islam, Al-Daulah 3, No. 2 (2014) http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/al_daulah/article/view/1433 (26 Januari 2021)

--------. Problematika Pemaknaan Teks Syariat Dan Dinamika Maslahat Kemanusiaan, Mazahibuna 2 No. 2 (Juni 2020) http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/mjpm/article/view/14282 (25 Januari 2021)

Musyahid Idrus, Achmad. 2014. Urgensi Filsafat Hukum Islam Dalam Penetapan Hukum Islam Kajian Filosofis Terhadap Persoalan Hukum Kontemporer. Makassar: Alauddin University Press.

Musyahid, Achmad. 2012. Melacak Aspek-aspek Sosiologis Dalam Penetapan Hukum Islam. Cet. I; Makassar: Alauddin University Press.

--------. Diskursus Maslahat Mursalah di Era Milineal (Tinjauan Filosofis terhadap Konsep Maslahat Imam Malik), Mazahibuna 1 No. 2 (2019) http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/mjpm/article/view/10625 (26 Januari 2020)

--------. Hikmat At-Tasyri Dalam Daruriyyah Al-Hamza, Al Risalah 15 No. 2 (2015) http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/al_risalah/article/view/845 (26 Januari 2021)

--------. Korelasi Maqảshid Al-Syarị’ah Dengan Metode Penetapan Hukum, DIKTUM: Jurnal Syariah dan Hukum 12 No. 1 (2014) http://ejurnal.stainparepare.ac.id/index.php/diktum/article/view/193 (26 Januari 2021)

--------. Tradisi Penalaran Filosofis dalam Hukum Islam, Al-Daulah 3 No. 1 (2014) http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/al_daulah/article/view/1519 (25 Januari 2021)

Narbuko, Cholid dan Abu Ahmadi. 2007. Metodologi Penelitian. Cet. VIII; Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Nawawi, Hadari. 1995. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Republik Indonesia. Undang-undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

Sabir, Muhammad. Wawasan Hadis Tentang Tasamuh Kajian tentang Perlindungan Perempuan dan Anak-Anak dalam Perang, Al-Daulah 2, No. 2 (2013), http://103.55.216.56/index.php/al_daulah/article/view/1474 (28 Januari 2021)

Saleh, Syarbaini, Sokon Saragih, Nur Aisyah, Metode Pendidikan Anak dalam Islam menurut Abdullah Nashih Ulwan dalam Kitab Tarbiyah al-Awlad fi al-Islam, Tazkiya Vol. 7 No. 2 Januari- Juni 2018.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Kompetensi dan Prakteknya. Cet.IV; Jakarta: Bumi Aksara.

Tholhah Hasan, Muhammad. 2005. Islam dan Masalah Sumber Daya Manusia (Cetakan: Lantabora Press, Jakarta Selatan, 2005), h. 134.

Usman, Husaini dkk. 2004. Metode Penelitian Sosial. Cet.V; Jakarta: PT BumiAksara.

Wardi Muchlis, Ahmad. 2006. Pengantar dan Asa Hukum Pidana Islam FiqihJinayah. Cet. Kedua; Jakarta: Sinar Grafika.

Wijaya, Abdi. Dimensi Ilahi Dan Dimensi Insani Dalam Maqasid Al-Syari’ah, Al-Risalah 15 No. 2 (2015) http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/al_risalah/article/view/844 (26 Januari 2020)

Published
2021-06-09
How to Cite
Ihsan, I., & Anis, M. (2021). Pola Pembinaan Anak Yatim Perspektif Hukum Islam dan Undang-Undang Perlindungan Anak; Studi Kasus LKSA di Panti Asuhan Amrillah Kab. Gowa. Shautuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbandingan Mazhab, 2(2). https://doi.org/10.24252/shautuna.v2i2.19146
Section
Artikel
Abstract viewed = 367 times