PAJAK PENGHASILAN ENDORSER DALAM PERSPEKTIF SIYASAH SYAR’IYYAH

  • Risnawati Risnawati Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
  • Lomba Sultan Fakultas Syariah dan Hukum, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia
    (ID)
Keywords: Income Tax;, Endorsement;, Siyasah Syar'iyyah

Abstract

This study aims to determine income tax in the perspective of siyasah syar'iyyah, especially for endorsers. This is a literature research using statutory and syar'i approaches. Astars, celebrities, and celebrities who are endorsers of a product certainly get service fees, and the income earned is calculated as additional income that is the object of taxation. Although there are scholars who forbid the withdrawal of taxes in general, there are also scholars who allow it provided that the withdrawal process cannot be accompanied by mere coercion and power.  

References

Jurnal

Aulia, Intan Sakinah dan Marilang. “Pajak Sebagai Sumber Pendanaan Pembangunan Daerah di Kabupaten Gowa.” Iqtishaduna 1, no. 1 (2019).

Damupoli, Inca Nadya. “Pajak Penghasilan Atas Kegiatan Youtuber dan Selebgram Dalam Penggunaan Media Sosial Berdasarkan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 Tentang Tentang Pajak Penghasilan.” Lex Privatum 5, no. 3 (2017).

Firdaus, Hasyim dan Halimah Basri. “Penarikan Retribusi Pelayanan Pasar di Pasar Salobulo Kabupaten Wajo.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 2, no. 1 (2021).

Gazali. “Pajak Dalam Perspektif Hukum Islam Dan Hukum Positif.” Mu’amalat 7, no. 1 (2015).

Hairil Akbar dan Rahmiati. “Upaya Kantor Samsat Gowa Dalam Meningkatkan Kesadaran Wajib Pajak Perspektif Siyasah Syar’iyyah.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 2, no. 2 (2021).

Hardiawati, Wan Laura dkk., “Endorsement: Media Pemasaran Masa Kini.” JIM UPB 7, no. 1 (2019).

Hartini. “Hukum Islam Pluralis Multikultural di Indonesia.” al-Daulah: Jurnal Hukum Pidana dan Ketatanegaraan 4, no. 1 (2015).

Kahpi, Ashabul. “Upaya Kearah Realisasi Terget Penerimaan Pajak.” al-Risalah: Jurnal Ilmu Syariah dan Hukum 20, no. 21 (2020).

Sahilatua, Priska Febriani dan Naniek Noviari. “Penerapan Perencanaan Pajak Penghasilan Pasal 21 Sebagai Strategi Penghematan Pembayaran Pajak.” Akuntansi 5, no. 1 (2013).

Salam, Alda Amadiarti, dkk., “Studi Kritis Terhadap Pengelolaan Keuangan Negara Dalam Perspektif Siyasah Syar’iyyah.” Siyasatuna: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Siyasah Syar’iyyah 2, no. 2 (2021).

Surahman, Maman dan Fadilah Ilahi. “Konsep Pajak Dalam Hukum Islam.” Amwaluna 1, no. 2 (2017).

Buku

Bohari. Pengantar Hukum Pajak. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2004.

Gusfahmi. Pajak Menurut Syariah, Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Kementerian Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya, 2019.

Mardiasmo. Perpajakan, Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi Offset, 2008).

Rahmiati. Terampil Menulis Karya Ilmiah. Makassar: Alauddin University Press, 2012.

S.A., Romli. Muqaranah Mazahib Fil Usul. Jakarta: Gaya Media Pratama, 1999.

Skripsi/Tesis/Disertasi

Dermawan, Zulrama. Peranan Celebrity Endorser Dalam Menarik Minat Beli Pengguna Media Sosial Instagram (Studi Pada Mahasiswa UIN Alauddin Makassar). Skripsi: Fak. Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar, Makassar, 2018.

Published
2022-05-29
Section
Artikel
Abstract viewed = 59 times