Petunjuk Penulisan

 

A. Tipe Kontribusi
Sociality mempromosikan perkembangan kesehatan masyarakat dalam lingkup kesehatan keluarga yang baik dengan menerbitkan artikel pengabdian masyarakat.

B. Persiapan dan Penyerahan Naskah

B.1. Aturan Utama

  1. Naskah harus merupakan karya asli, tidak dibuat-buat, tidak dipalsukan, tidak dijiplak, dan belum pernah diterbitkan sebelumnya atau sedang dikirimkan secara bersamaan di tempat lain.
  2. Naskah harus ditulis oleh dua atau lebih penulis. Naskah yang ditulis oleh satu penulis tidak akan diproses.
  3. Naskah diketik pada satu sisi kertas dan dalam format 1 kolom dengan spasi 1,15
  4. Ukuran kertas A4 dan margin halaman 2,0 cm diinginkan. Gunakan font “Century Gothic” 10 pt.
    Naskah tidak boleh menempati lebih dari 10 halaman panjang lembar jurnal (2000-5000 kata dari naskah).
  5. File harus disimpan dalam format perangkat lunak pengolah kata "word for windows" atau "right text format".
  6. Naskah dikirimkan melalui Online Submission System menggunakan Open Journal System (OJS).
  7. Naskah tidak mengandung unsur plagiarisme. Redaksi akan langsung menolak teks yang berindikasi plagiarisme.
  8. Jurnal menerapkan Gaya APA (Edisi ke-7) dalam menyusun referensi. Oleh karena itu, kami sangat menyarankan penulis menggunakan alat manajemen referensi seperti Mendeley atau lainnya.
  9. Penulis wajib melengkapi metadata profil, terutama tentang afiliasi, dan email korespondensi 
  10. Naskah yang tidak memenuhi persyaratan tidak akan diproses lebih lanjut.
  11. Penulis harus mengunduh template jurnal DI SINI karena dapat membantu untuk mengikuti tata letak jurnal.


B.2. Struktur Naskah

ABSTRAK

Abstrak ditulis 1 paragraf berisi 150-200 kata yang memberikan gambaran yang jelas terkait isi artikel. Abstrak harus memuat gambaran singkat masalah umum, tujuan pengabdian, metode yang digunakan, temuan penting atau hasil pengabdian, dan implikasi pengabdian atau kesimpulan singkat. Abstrak dilengkapi kata kunci yang berisi  3-5 frasa

 PENDAHULUAN

Bagian pendahuluan berisi 300-800 kata yang memuat latar belakang (background), kesenjangan (gap analysis), dan tujuan pengabdian. Latar belakang dapat bersumber dari masalah (problem) yang bersifat aktual yang terjadi di sekelompok masyarakat atau komunitas tertentu atau fenomena yang terjadi dari hasil pengamatan di lapangan. Masalah tersebut belum pernah (belum secara mendalam) dieksplorasi oleh pengabdi sebelumnya sehingga menimbulkan kesenjangan (gap) yang membutuhkan tindakan solutif melalui pengabdian. Di bagian akhir pendahuluan harus dituliskan tujuan dilaksanakannya pengabdian

 METODE

Bagian ini berisi 150-500 kata menjelaskan metode yang digunakan untuk memecahkan (mereduksi) masalah dan juga metode untuk menganalisis bagaimana efektifitas atau keberhasilan program. Langkah-langkah dari metode yang digunakan juga dapat dijelaskan dalam bentuk bagan atau diagram alur. Metode yang digunakan sebaiknya menggunakan landasan teori yang kuat sehingga dapat dipertanggungjawabkan aspek keilmiahannya. Metode yang digunakan misalnya: PAR (Participatory Action Research); ABCD (Asset Based Community Development); CBR (Community-Based Research); Service learning; Community development, atau metode/pendekatan yang lainnya. Bagian metode ini juga menjelaskan waktu pengabdian, subjek yang menjadi sasaran program pengabdian, bagaimana cara mendapatkan data, jenis data yang telah diperoleh, dan bagaimana menganalisisnya. Penulis juga dapat menggunakan bagan untuk menjelaskan alur metode pengabdian yang dilakukan.

 HASIL DAN PEMBAHASAN

(Hasil dan pembahasan berisi 500-1500 kata berupa hasil temuan dari pelaksanaan pengabdian dan pembahasannya. Tuliskan temuan penting yang telah diperoleh tersebut secara jelas dan komprehensif. Temuan harus ditunjang oleh data-data yang lengkap dan memadai. Data kemudian ditampilkan dalam bentuk tabel, grafik, histogram, atau yang lain kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif atau formula statistik yang relevan. Hasil dan pembahasan harus bisa menjawab tujuan dari pelaksanaan program pengabdian di bagian pendahuluan.

Untuk menunjang kejelasan pemaparan hasil pengabdian, maka pada bagian ini dapat menggunakan tabel, gambar, atau bagan. Jika tabel, gambar, atau bagan yang disajikan lebih dari satu, maka wajib dilakukan penomoran secara urut dari nomor 1 (satu). Jika di bagian lain dari artikel menyajikan tabel/gambar/bagan maka kaidah yang digunakan adalah sama. Perlu diingat pada bagian Hasil dan Pembahasan tidak diperbolehkan menampilkan gambar/foto kegiatan serta tabel secara berlebihan. Maksimal jumlah foto dan tabel berjumlah 5 (lima buah).

KESIMPULAN

Kesimpulan berisi 100-300 kata menggambarkan jawaban dari tujuan program pengabdian atau temuan yang diperoleh. Kesimpulan bukan berisi perulangan dari hasil dan pembahasan, tetapi lebih kepada ringkasan hasil temuan seperti yang diharapkan di tujuan. Saran menyajikan hal-hal yang akan dilakukan terkait dengan gagasan selanjutnya dari pengabdian tersebut.

 DAFTAR PUSTAKA

Bagian ini mnggunakan gaya penulisan APA7th , Minimal terdapat 10 referensi, spasi antar referensi 1,15 pt. Berikut contoh penulisan:

Kennedy, A. (2004). Contoh Penulisan Jurnal. PsychoOncology, 13(6), 408-428.
Kennedy, A., & Wright, B. K. (2018, October 15). Contoh Penulisan Majalah Atau Koran. NPR.
Kennedy, A., Wright, B. K., & Coscarelli, A. (2017). Contoh Penulisan Buku. Balai Pustaka, Jakarta
Kennedy, A., Wright, B. K., Coscarelli, A., & Hills, D (2013). Contoh Penulisan Buku dengan editor (pp. 190-211). John Wiley & Sons.
Kementerian Kesehatan RI. (2018, August 22). Contoh Penulisan Web.
Puskesmas Samata Kabupaten Gowa. (2017, January). Contoh Penulisan Laporan.
Valentin, E. R. (2019). Contoh Penulisan Skripsi Thesis Disertasi [Skripsi,   Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar].
Kennedy, A., Wright, B. K., & Missingham, R. (2019, October 21–25). Contoh Penulisan Konferensi [Paper presentation]. eResearch Australasia Conference, Australia.