PAKEM SUATU CARA DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA

Sitti Wahidah Masnani

Abstract


Penelitian model pakem dilatarbelakangi oleh adanya sebagian mahasiswa yang mendapatkan nilai yang rendah, metode pembelajaran yang digunakan belum dapat memecahkan masalah bagi dosen serta keaktifan mahasiswa belum merata. Tujuan penelitian mendeskripsikan bagaimana  penerapan serta pengaruh yang ditimbulkan dalam penerapan  pembelajaran pakem dalam mata kuliah Tahqiq An-Nusus. Dalam pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik pengamatan, wawancara serta tes sedangkan pengolahan datanya digunakan  analisis deskriptif komparatif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa dari dua siklus dengan  dua model yaitu Gallery Work dan Team Quis dalam kategori sangat baik paling tinggi 58,82% yang disusul 32,35 % dalam kategori baik dan 8,82% sangat kurang. Hal ini membuktikan bahwa mahasiswa menunjukkan keberanian dalam berfikir, menganalisa tanggapan-tanggapan yang dilontarkan oleh temannya, antara mahasiswa dan dosen terjadi interaksi dalam memecahkan masalah, begitu juga saat mendiskusikan pertanyaan dan tanggapan dari kelompok lain sudah berbagi dengan teman sekelompoknya untuk saling bergantian dalam menjawab pertanyaan dan sanggahan dari kelompok lain. Demikian pula mahasiswa yang tadinya pendiam sudah berbaur dengan mahasiswa yang aktif dalam diskusi. Kepercayaan dirinya mulai terbangun kembali

Keywords


Pembelajaran; pakem; gallery walk; Quiz Team

Full Text:

PDF

References


Amri, S., & Ahmadi, I. K. J. J. P. P. (2010). Konstruksi pengembangan pembelajaran.

Bermawi, M. (2010). Desain Pembelajaran. Jakarta: Pustaka Insan Madani.

Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: Yrama Widya.

Dhin, C. N. J. P. J. P. (2017). Pelaksanaan Pakem Dalam Pembelajaran Fiqih Pada Min Seutuy Kota Banda Aceh. 5(1)

Hariyanto, W. d. (2013). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Rosda Karya.

Ma’mur, A. J. (2011). 7 TIPS Aplikasi Pakem . Yokyakarta: Diva Pres Yokyakarta: Diva Pres.

Rini, Y. S., & Tari, J. P. S. (2013). Pendidikan: Hakekat, Tujuan, dan Proses. In: Jogyakarta: Pendidikan dan Seni Universitas Negeri Jogyakarta.

Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru: Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada.

Rohaniawati, D. (2016). Penerapan pendekatan pakem untuk meningkatkan keterampilan berpikir mahasiswa dalam Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian guru. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 1(2), 155-172.

Sabil, H., & Winarni, S. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Persamaan Kuadrat Dengan Metode Belajar Aktif Tipe Quiz Team Di Kelas IX SMPN 24 Kota Jambi. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(02).

Silberman, L. M. (2011). Interacive Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. In: Bandung: Nusamedia Pengembangan Keprofesionalan Guru Dan calon Guru. Malang.

Sofan, A., & Ahmadi, L. K. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran Pengaruhnya terhadap Mekanisme dan praktik kurikulum. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Widarti, S., Peniati, E., & Widiyaningrum, P. J. J. o. B. E. (2013). Pembelajaran Gallery Walk Berpendekatan Contextual Teaching Learning Materi Sistem Pencernaan di SMA. 2(1).

Uno, H. B., & Mohamad, N. J. J. B. A. (2011). Belajar dengan pendekatan PAILKEM.

Warsono, H., & Hariyanto, M. J. B. P. R. R. (2012). Pembelajaran aktif teori dan asesmen.




DOI: https://doi.org/10.24252/ip.v8i2.11353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Inspiratif Pendidikan is indexed by

 

Creative Commons License This work is licensed under CC BY-NC-SA 4.0 

View My Stats

---------------------------------------------------------------------

Jurnal Inspiratif Pendidikan is published and managed by Department of Islamic Education Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Jl. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

ISSN Print: 2337-6767 ISSN Electronic: 2655-4445