IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERTOLERANSI ANTARUMAT BERAGAMA MELALUI KEGIATAN SEKOLAH DI SDN INPRES 6.88 PERUMNAS 2 KOTA JAYAPURA

Muliaty Amin, A. Arif Rofiki, Susdiyanto Susdiyanto, Muh. Yusuf, T.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter bertoleransi antarumat beragama melalui kegiatan sekolah di SDN Inpres 6.88 Perumnas 2 Kota Jayapura. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan  pedagogik. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, para tenaga pendidik dan kependidikan, peserta didik, dan orang tua peserta didik. metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan melalui empat tahapan, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter bertoleransi antarumat beragama pada peserta didik melalui kegiatan sekolah terintegrasikan ke dalam dua kegiatan, yaitu: Pertama, kegiatan pengembangan diri diwujudkan dalam kegiatan rutin (berjabat tangan, berdoa setiap hari di akhir pembelajaran, doa bersama, english day, baca senyap, senam waniambey, dan peringatan hari besar agama), kegiatan spontan (menegur peserta didik yang tidak membaur dengan teman lain, membuat kelompok sendiri, dan melakukan tindakan intoleran, serta membiasakan peserta didik untuk memiliki kepedulian sosial terhadap temannya), keteladanan guru, dan pengkondisian (pemasangan poster dan slogan yang berkaitan dengan sikap toleransi dan pembentukan kelompok belajar). Kedua, pengintegrasian nilai toleransi ke dalam mata pelajaran dilakukan dengan cara mencantumkan nilai toleransi ke dalam silabus dan RPP.

Keywords


Pendidikan Karakter; Toleransi Antar Umat Beragama

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. (2001). Pluralisme Agama dan Kerukunan dalam Keragaman (Cet. I). Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Al-Munawar, S. A. H. (2005). Fikih Hubungan Antar Agama (Cet. III). Jakarta: Ciputat Press.

Alhamid, I. (2014). Jalan Panjang Perdamaian Papua: Memahami Sejarah dan Peradaban (Cet. I). Yogyakarta: TICI Publication.

Azra, A. (1999). Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru (Cet. I). Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Daryanto, & Suryatri, D. (2013). Pendidikan Karakter di Sekolah (Cet. I). Yogyakarta: Gava Media.

Indonesia, R. (2010). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional bab I, Pasal 1. Jakarta.

Kemendiknas. (2010a). Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemdiknas.

Kemendiknas. (2010b). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum Kemendiknas.

Kemendiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemdiknas.

Kurniawan, S. (2013). Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat (Cet. I). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Lickona, T. (2013). Educating for Character: How Our School can Teach Respect and Responsibility (Cet. VI). Bandung: Nusamedia.

Majid, A., & Andayani, D. (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam (Cet. II). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marimba, A. D. (1981). Pengantar Filsafat Pendidikan Islam (Cet. V). Bandung: PT. Al- Ma’arif.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter (Cet. III). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Munirah. (2011). Lingkungan pada Perspektif Pendidikan Islam: Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat pada Perkembangan Anak (Cet. I). Makassar: Alauddin Press.

Nay, R. (2018). Sekolah Negeri di Papua Larang Siswi Pakai Kerudung. Retrieved November 12, 2018, from https://daerah.sindonews.com/read/893817/26/sekolah-negeri-di-papua-larang-siswi-pakai-kerudung-1408626778

Partanto, P. A., & Al-Barry, M. D. (2011). Kamus Ilmiah Populer. Surabaya: Arloka.

Pendidikan. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. Retrieved November 7, 2018, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/ pendidikan

Salim, M. H., & Kurniawan, S. (2012). Studi Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Santrock, J. W. (2007). Educational Psychology (Cet. I). Jakarta: Kencana.

Saridjo, M. (2011). Pendidikan Islam pada Masa ke Masa: Tinjauan Kebijakan Publik terhadap Pendidikan Islam di Indonesia (Cet. II). Jakarta: Yayasan Ngali Aksara.

Tilaar, H. A. . (2004). Multikulturalisme, Tantangan-Tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional (Cet. I). Jakarta: Grasindo.

Zubaedi. (2012). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya pada Lembaga Pendidikan (Cet. II). Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.24252/ip.v8i2.12361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Inspiratif Pendidikan is indexed by

 

Creative Commons License This work is licensed under CC BY-NC-SA 4.0 

View My Stats

---------------------------------------------------------------------

Jurnal Inspiratif Pendidikan is published and managed by Department of Islamic Education Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Jl. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

ISSN Print: 2337-6767 ISSN Electronic: 2655-4445