ANALISIS NILAI-NILAI KEBANGSAAN DAN KEBHINEKAAN DI MADRASAH MADANI ALAUDDIN MAKASSAR

Muzakkir Muzakkir, Ali Umar Dani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kegiatan yang dilakukan dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan kebhinnekaan di Madrasah Madani Alauddin Makassar. Proses pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara kepada siswa, guru, dan kepala madrasah. Dalam proses penanaman nilai-nilai kebangsaan dan kebhinnekaan pada peserta didik di tengah arus globalisasi dilakukan melalui berbagai cara, melalui pembelajaran PKn di kelas, kegiatan ekstrakurikuler, serta mengadakan kegiatan positif di sekolah untuk menunjang jiwa kebangsaan peserta didik. Faktor pendukung dalam menanamkan nilai kebangsaan dan kebhinnekaan pada peserta didik di antaranya adalah kerjasama pihak sekolah yakni kepala sekolah dan guru dalam memberikan contoh atau keteladanan yang baik kepada peserta didik, minat peserta didik dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, sarana dan prasarana yang mencukupi. Faktor penghambat dalam menanamkan nilai kebangsaan pada peserta didik di antaranya adalah karakter peserta didik  dari latar belakang keluarga yang berbeda, dan peserta didik belum bisa membagi waktu untuk kegiatan di sekolah dengan baik. Untuk mengatasi hambatan dalam menanamkan nilai kebangsaan dan kebhinnekaan pada peserta didik adalah para guru mengadakan problem solving dengan upaya memotivasi peserta didik  untuk saling menghargai antar sesama, pihak sekolah yakni kepala sekolah dan guru mengadakan evaluasi setiap semester kepada peserta didik untuk melihat perkembangan peserta didik. 


Keywords


nilai kebangsaan; kebhinnekaan

References


Ali, Mursyid (ed.). 2009. Pemetaan Abd Azis Albone. (2006). Pendidikan agama Islam dalam perspektif multikulturalisme. Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Jakarta.

Agus Iswanto. (2008). Pendidikan agama dalam perspektif multikulturalisme “integrasi PAI dan PKN mengupayakan PAI yang berwawasan multikulturalisme”. Jakarta : Saada Cipta Mandiri.

Andreas Doweng, dkk. (2012). Pancasila Kekuatan Pembebas. Yogyakarta : PT Kanisius.

Arsy Karima Zahra. (2008). Pemelihan Program Belajar yang Baik. Di akses dari www. Arsykarimazahra. Blogspot.com. Pada tanggal 4 Februari 2015. Jam 10. 20

A . Malik M. Thaha Tuanaya, dkk. (2007). Modernisasi Pesantren. Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama.

Benedict Anderson. (1999). Nasionalisme “Imagined Communities” (terjemahan Prof. Mr. Sunaryo).

Badri, Yatim. (1999). Soekarno, Islam, dan Nasionalisme. Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Bambang, Daroeso. (1986). Dasar dan Konsep Pendidikan Moral Pancasila. Semarang: Aneka Ilmu.

Dewa Ketut Sukardi. (1988). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Bina Aksara.

Dian purnama. (2010). Cermat memilih sekolah menengah yang tepat. Jakarta : Penerbit Gaga Smedia.

Dwi Siswoyo, dkk. (2011). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta : UNY press.

Djumahur & Moh. Suryo. (1985). Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah (Guidance and Counseling). Bandung : Penerbit C. V ilmu

Ernest Renan. (1947). What is the Nation (terjemahan Prof. Mr. Sunaryo).

Iskandar Engku & Siti Zubaidah. (2014). Sejarah Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Jazim Hamidi & Mustafa Lutfi. (2010). Civic Education Antara Realitas Politik dan Implemantasi Hukumannya. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Creswell, John W. (2015), Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Appoaches, Diterjemahkan Oleh Ahmad Lintang Lazuardi dengan Judul: Penelitian Kualitatif dan Desain Riset; Memilih di antara Lima Pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Emzir. (2008), Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Moleong, Lexy J. (2016), Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Majelis Permusyawaratan Rakyat RI. (2016), Bahan Tayang Materi Sosialisasi Empat Pilar MPR RI. Jakarta: Sekretariat Jenderal MPR RI.

Pimpinan MPR dan Tim Kerja Sosialisasi MPR RI. (2016), Materi Sosialisasi Empat Pilar MPR RI. Jakarta: Sekretariat Jenderal MPR RI.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). (2017), Bandung: Alfabeta.

Sulaiman Saat dan Sitti Mania. (2019), Pengantar Metodologi Penelitian; Panduan bagi Peneliti Pemula. Gowa: Pustaka Al-Maida.

Santana K., Septiawan. Menulis Ilmiah Metode Penelitian Kualitatif. (2007), Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.24252/ip.v9i2.14938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Inspiratif Pendidikan is indexed by

   

Creative Commons License This work is licensed under CC BY-NC-SA 4.0 

View My Stats

---------------------------------------------------------------------

Jurnal Inspiratif Pendidikan is published and managed by Department of Islamic Education Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Jl. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

ISSN Print: 2337-6767 ISSN Electronic: 2655-4445