METODE PEMBELAJARAN DALAM ALQURAN (Analisis terhadap Ayat-ayat Tarbawi)

Liarti Bt Rusli

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran pada ayat-ayat tarbawi dalam Alquran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan tafsir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode yang terdapat dalam Alquran berdasar pada ayat-ayat tarbawi yaitu: a). Metode pembelajaran dalam QS al-Nahl/16:125 adalah metode bi al-hikmah, metode ceramah, dan metode diskusi. b) Metode pembelajaran dalam QS al-Maidah/5: 67 adalah metode keteladanan dan metode pemberian hukuman. c) Metode Pembelajaran dalam QS Ibrahim/14: 24-25 adalah metode demonstrasi dan perumpamaan. d) Metode pembelajaran dalam surah al-‘Araf/7: 175177 adalah metode membaca, perumpamaan dan metode kisah. Implementasi metode pembelajaran dalam Alquran:  a) Metode bi al-hikmah akan terwujud dengan berlandaskan tiga faktor yang harus diperhatikan: keadaan dan situasi objek pendidikan, ukuran pelajaran dan metode yang tepat. Metode ceramah digunakan apabila: bahan atau materi pelajaran yang yang akan diajarkan terlalu banyak, materi yang akan diajarkan merupakan informasi baru yang butuh pengenalan atau pemahaman terlebih dahulu. b) Metode diskusi dilakukan apabila mencari pemecahan atau solusi. c) metode keteladanan, dilaksanakan dengan dua cara, yaitu secara langsung (direct) dan tidak langsung (indirect). e) Metode demonstrasi banyak digunakan dalam rangka mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang materi yang dipelajari. f) Metode perumpamaan, digunakan untuk memberikan gambaran kepada peserta didik sehingga mudah memahami pelajaran. g) Membaca adalah cara umat manusia memperoleh ilmu pengetahuan.

Keywords


Metode Pembelajaran;Alquran; Ayat-Ayat Tarbawi

Full Text:

PDF

References


Mappanganro. Implementasi Pendidikan Islam di Sekolah. Cet. I; Ujung Pandang: Yayasan Ahkam, 1996.

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran. Cet. V; Jakarta: Kencana Prenada Group. 2008.

Zakiah Darajat, Metodologi Pengajaran Agama Islam Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara. 2009.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Cet. II; Jakarta: Balai Pustaka, 2002.

Pupuh Fathurrahman dan M. Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar Strategi Mewujudkan Pembelajaran bermakna Melalui Penamaan Konsep Umum dan Konsep Islami (Cet. I; Bandung: PT Refika Aditama, 2007), h. 55. Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Mengajar (Cet. VIII; Bandung: Alfabeta, 2010), h. 61.

Kementerian Agama RI, Alquran dan Terjemahnya, Jakarta: Mugi Publishing, 2015.




DOI: https://doi.org/10.24252/ip.v8i1.7889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Inspiratif Pendidikan is indexed by

 

Creative Commons License This work is licensed under CC BY-NC-SA 4.0 

View My Stats

---------------------------------------------------------------------

Jurnal Inspiratif Pendidikan is published and managed by Department of Islamic Education Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Jl. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan

ISSN Print: 2337-6767 ISSN Electronic: 2655-4445