REPRESENTASI CITRA WANITA BERJILBAB DALAM IKLAN SHAMPO SUNSILK CLEAN AND FRESH VERSI RISTY TAGOR (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Audah Mannan, Andi Ferawati

Sari


Penelitian ini berjudul “Representasi Citra Wanita Berjilbab dalam Iklan Shampo Sunsilk Clean and Fresh versi Risty Tagor (Analisis Semiotika Roland Barthes). Tanda-tanda yang terdapat pada tampilan iklan shampo sunsilk clean and fresh dikaji melalui pendekatan semiotika model Roland Barthes. Proses pemaknaan terhadap tanda-tanda yang terdapat pada tampilan iklan ini dilakukan dengan cara menguraikan struktur-strukturnya, yaitu: 1) Pesan linguistik (semua kata dan kalimat dalam iklan shampo sunsilk clean fresh), 2) Pesan ikonik yang terkodekan (konotasi yang muncul dalam foto iklan yang hanya dapat berfungsi jika dikaitkan dengan sistem tanda yang lebih luas dalam masyarakat); menganalisis semua konotasi visual yang ada dalam iklan shampo sunsilk clean and fresh, dan 3) Pesan ikonik tak terkodekan (denotasi dalam foto iklan).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa format tanda dalam Iklan Shampo Sunsilk Clean and Fresh versi Risty Tagor yang merepresentasikan citra wanita berjilbab ditandai dengan tingkah laku dan tutur kata yang dapat memancarkan kecantikan dari hati seperti yang diperankan Risty Tagor. Sebagai seorang wanita muslimah, jilbab bukan hanya sekedar hiasan kepala semata tetapi juga mencerminkan seorang wanita muslimah yang baik perangainya. Wanita berjilbab hendaknya bersikap lemah lembut dan menjaga kemuliaan jilbab dengan perbuatan yang baik. Sedangkan makna pesan yang terkandung dalam iklan shampo sunsilk clean and fresh adalah menjadikan rambut bersih dan segar hingga di kulit kepala. Kulit kepala yang bersih dan segar akan membuat hati menjadi sejuk. Meskipun berada pada keadaan panas apapun, kepala tetap terasa segar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


VI. Daftar Pustaka

As-Sya’rawi, Syaikh Mutawalli. Fikih Perempuan (Muslimah) Busana dan perhiasan, Penghormatan attas Perempuan, Sampai Wanita Karier. Jakarta: Amzah 2009.

Burhan Bungin, Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga, 2001.

Departemen Agama RI, Al- Qur’an dan Terjemahannya. Semarang: PT. Karya Toha Putra Semarang, 2002.

Effendy, Onong Uchjana, Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2007.

Indiwan Seto Wahyu Wibowo, Semiotika Komunikasi. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2011.

Kurniawan. Semiologi Roland Barthes. Magelang: Yayasan Indonesiatera, 2001.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakary, 2006.

Mulyana, Deddy. Nuansa- Nuansa Komunikasi Meneropong Politik dan Budaya Komunikasi Masyarakat Kontemporer. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Cet. 1, 1999.

Sobur, Alex. Semiotika Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.

Shihab, Quraish. Jilbab, Pakaian Wanita Muslimah: Pandangan Ulama Masa Lalu & Cendikiawan Kontemporer. Jakarta: Lentera Hati, 2005.