Meningkatkan Self-Efficacy pada Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) pada Siswa Kelas VII.a SMP Negeri 27 Makassar

Ramlan M Ramlan M

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri atasdua  siklus,  dengan  subyek  penelitian  siswa  kelas  VIIA  SMP  Negeri 27  Makassar. Instrumen  penelitian  yang digunakan  adalah  lembar observasi,  angket,  dan  tes  hasil belajar. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, teknik non tes dan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar matematika siswa pada saat pra tindakan  ke  siklus  I  mengalami peningkatan  rata-rata  dari  50%  pada  siklus  I  dan meningkat menjadi 75% pada siklus II. Untuk  tes hasil belajar siswa pada siklus I, nilai rata-rata  tes  hasil  belajar  adalah 64,73  dari  nilai  ideal  dengan  nilai tertinggi  92  yang diperoleh 1 orang siswa dan nilai terendah 35 diperoleh 1 orang siswa dengan ketuntasan klasikal adalah 75%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 80,50 dari nilai ideal dengan nilai tertinggi adalah 98 yang diperoleh oleh 2 orang siswa dengan nilai terendah adalah 56 yang  diperoleh  oleh seorang  siswa  dengan  kriteria  ketuntasan 87,5%.     Hal  ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar dan telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal. Peningkatan self-efficacy siswa pada  hal ini dibuktikan oleh hasil angket siswa pada pra tindakan meningkat pada siklus I, dan  pada siklus I berada pada kategori sedang dan tinggi kemudian meningkat menjadi kategori tinggi dan sangat tinggi pada siklus II. Secara umum rata-rata pelaksanaan aktivitas guru pada saat pra tindakan meningkat ke siklus I dan pada siklus I   dari 3,2 meningkat menjadi 3,8 pada siklus II dengan kategori tinggi menjadi kategori sangat tinggi. Hasil respon siswa menunjukkan 75%  siswa menyatakan  senang  dengan  buku  siswa  yang  dibagikan, 80  % siswa memberikan respon positif terhadap LKS, 82,5% siswa menyatakan senang dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI.


Keywords


Pembelajaran Kooperatif

References


Bandura, Albert. 1997. Self-Efficacy The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.

Can, Bilge Taşkın. 2012. Using Mathematics in Teaching Science Self-efficacy Scale – UMSSS: A Validity and Reliability Study. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, (Online), 2012. 8(4), 269-281.(http: www.ejmste.com, Diakses tanggal 15 Desember 2012).

Harum, Surianty. 2012. Penerapan Model Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) yang dikombinasi dengan Teori Belajar Dienes untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lasusua. Tesis. Makassar: PPs UNM.

Japa, I Gusti Ngurah. 2008. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Terbuka Melalui Investigasi Bagi Siswa Kelas V SD 4 Kaliuntu. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Lembaga Penelitian Udiksa 2 (1),60-73. (Online). (jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/21086073.pdf, Diakses tanggal 15 Desember 2012)

Mukhid, Abd. 2009. Self-efficacy (Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya terhadap Pendidikan). Jurnal Tadris. .(Online), Volume 4 no 1 Tahun 2009. (Jurnal

pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/4109106122_1907-672X.pdf, Diakses tanggal 15 Desember 2012).

Nurdin, 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Tidak Diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA.

Ormrod, Ellis Jeane. 2008. Psikologi Pendidikan (Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang). Diterjemahkan oleh Amitya Kumara. 2009. Jakarta: Erlangga.

Salam, Sofyan. Bangkona Deri. 2010. Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Makassar: PPs UNM.

Santrock, John W. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slavin, Robert. E. 2008. Cooperative Learning ( Teori, Riset, dan Praktik). Bandung: Nusa Media.

Soedjadi,R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Somakim. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self-Efficacy Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Penggunaan Pendekatan Matematika Realistik. Disertasi. UPI. (Online) (http://repository.upi.edu/disertasiview.php?start=86. Diakses tanggal 31 Agustus 2012).

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tiro, Muhammad Arif., Sukarna. 2012. Pengembangan Instrumen Pengumpulan Data Penelitian. Makassar: Andira Publisher.

Tiro, Muhammad Arif., Hamra Arifuddin., Sukarna. 2009. Analysis of the Determinants of Learning Outcomes Using Data from the Programme for International Student Assessment (PISA). Laporan Penelitian. Pusat Penilaian Pendidikan BALITBANG DEPDIKNAS.

Woolfolk, Anita. 2009. Educational Psychology (Active us Learning Edition). Diterjemahkan oleh Helly Prayitno soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zulkosky, Kristen. 2009.Self-Efficacy:A Concept Analysis. Journal Compilation(Online).(www.fatih.edu.tr/.../self.../Self-efficacy.A%20, Diakses tanggal 15 Desember 2012).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran is indexed by:

     BASE - Bielefeld Academich Search Engine Gambar terkait   

 


MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran
Published by Department of Mathematics Education Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar In collaboration with Asosiasi Dosen Matematika dan Pendidikan/ Tadris Matematika PTKIN (Ad-mapeta)

Office Address:

Kampus 2: Jalan H. M. Yasin Limpo No. 63 Samata-Gowa
E-mail: mapan@uin-alauddin.ac.id


p-ISSN: 2354-6883 | e-ISSN: 2581-172X


Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

View MaPan Stats