KOLABORASI RANGKAIAN GAYA GERAK LISTRIK INDUKSI DENGAN HUKUM ORSTED DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 BULUKUMPA KABUPATEN BULUKUMBA PROVINSI SULAWESI SELATAN

Muhammad Qaddafi, Jusman Jusman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa SMP Negeri 6 Bulukumpa dengan menggunakan kolaborasi rangkaian gaya gerak listrik induksi dengan hukum orsted. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IXc, kelas ini digunakan sebagai sampel karena kelas ini belum pernah diberikan praktikum dan juga prestasi belajar yang rendah.  Model penelitian ini yaitu one group pretest posttest design. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan uji-t diperoleh bahwa t tabel lebih kecil daripada t hitung. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa setelah melakukan pelatihan praktikum tentang kolaborasi rangkaian ggl induksi dengan hukum orsted terjadi peningkatan kreativitas dan hasil belajar fisika pada kelas IXc

Keywords


ggl induksi, kreativitas, hasil belajar.

References


Giancoli, Douglas C. 2004. Fisika Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Ishaq, Mohammad. 2007. Fisika Dasar Eelektisitas dan Magnetisme . Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana,dkk. 2009. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.




DOI: https://doi.org/10.24252/jpf.v2i1.3034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Gambar terkait

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Published : Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Kampus 2: Jalan H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata-Gowa
E-mail: jpf@uin-alauddin.ac.id

 p-ISSN: 2355-5785 | e-ISSN: 2550-0325