PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS LINGKUNGAN

Nursyamsi Dermawati, Suprapta Suprata, Muzakkir Muzakkir

Abstract


Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah kualitas LKPD berbasis lingkungan dilihat dari penilaian ahli pada kriteria konstruk, isi, dan bahasa. Bagaimanakah tingkat efektifitas LKPD berbasis Lingkungan dilihat dari kuesioner respon peserta didik.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari pendefinisisan, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Penelitian LKPD ini dilaksanakan di MA AL-Ikhlas Ujung Bone dan subjeknya adalah siswa kelas X IPA 5dengan jumlah peserta didik 20 orang, pada semester genap tahun ajaran 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan lembar kerja peserta didik, dan kuesioner respon peserta didik terhadap LKPD. Kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif dan efektifitas. Keseluruhan komponen LKPD dinyatakan valid sehingga hanya perlu melakukan revisi kecil. Dan instrumen yang digunakan dinyatakan valid dengan revisi kecil. Respon peserta didik sangat baik terhadap LKPD karena memperoleh respon peserta didik sebesar 95%.

Keywords


LKPD, Berbasis lingkungan, Hukum Newton

References


Ango, Benedikte, 2013, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Berdasarkan Standar Isi untuk SMA Kelas X Semester Gasal”. Skripsi. Yogyakarta: FT UNY.

Husdarta, JS. Dan Yudha M. Saputra, , 2013, Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Katriani, Laila, 2014, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta.

Prastowo, Andi, 2011, Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tim P2M PGSD FKIP UNS, 2002, Penyuluhan dan Pelatihan Pembuatan LKS Model Empirik dalam Pembelajaran IPA kepada Guru – Guru SD. Surakarta: FKIP UNS.

Trianto, 2010, Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Walter, Borg R dan Gall D, 1983, Educational Research an Introcution. New York: Longman.




DOI: https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1a6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Gambar terkait

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Published : Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Kampus 2: Jalan H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata-Gowa
E-mail: jpf@uin-alauddin.ac.id

 p-ISSN: 2355-5785 | e-ISSN: 2550-0325