PENGARUH METODE POSTER COMMENT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Miftahul Janna Taha, Syamsuddin Syamsuddin, Ainul Uyuni Taufiq

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian Quasi-Eksperiment yang bertujuan untuk  mengetahui keaktifan belajar peserta didik pada pelajaran fisika yang diajar dengan metode poster comment dengan menggunakan media kartu bergambar di SMPN 1 TANETE RIAJA, mengetahui keaktifan belajar peserta didik pada pelajaran fisika yang diajar dengan metode poster comment tanpa menggunakan media kartu bergambar di SMPN 1 TANETE RIAJA, serta mengetahui perbedaan kekatifan belajar peserta didik pada pelajaran fisika yang diajar dengan metode poster comment  menggunakan media kartu bergambar dan peserta didik yang diajar dengan metode poster comment tanpa menggunakan media kartu bergambar di SMPN 1 TANETE RIAJA. Desain yang digunakan adalah The Matching Only Post Test Only Control Group Design. Sampel penelitian berjumlah 30 orang yang dipilih menggunakan teknik matching atau pemadaman sampel. Hasil perhitungan uji t2 sampel independent untuk keaktifan diperoleh nilai thitung sebesar 18,77 dan ttabel sebesar 2,05, sehingga thitung<ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keaktifan belajar fisika antara peserta didik yang diajar  dengan Metode Poster Comment menggunakan Media Kartu Bergambar dan peserta didik  yang diajar dengan Metode Poster Comment tanpa menggunakan Media Kartu Bergambar.

Keywords


Poster Comment, kartu bergambar, keaktifan

References


Arsyad, Azhar. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Creswell, 2015. John. Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fraenkel, Jack R. dan Wallen, Norman E. 2009. How to Design and Evaluate Research in Education Seventh Edition. New York: The McGraw-Hill Companies.

Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Rhusty Publisher.

S. Sadiman, Arif, dkk. 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Manfaatnya. Jakarta: Pustekkom Dikbud dan PT RajaGrafindo Persada.

Uno, B. Hamzah. 2012. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24252/jpf.v6i1a7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Gambar terkait

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Published : Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Kampus 2: Jalan H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata-Gowa
E-mail: jpf@uin-alauddin.ac.id

 p-ISSN: 2355-5785 | e-ISSN: 2550-0325