IMPLEMENTASI STRATEGI BELAJAR KOOPERATIF MURDER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP FISIKA

Andi Ferawati Jafar

Abstract


Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui:1) Seberapa besar pemahaman konsep fisika peserta didik yang tidak diajar dengan strategi belajar MURDER kelas XI SMAN 6 WAJO sesuai standar KKM?, 2)Seberapa besar pemahaman konsep fisika peserta didik yang diajar dengan strategi belajar MURDER kelas XI SMAN 6 WAJO sesuai standar KKM?, 3)Apakah ada perbedaan pemahaman konsep fisika peserta didik yang tidak diajar dan peserta didik yang diajar dengan strategi belajar MURDER kelas XI SMAN 6 WAJO sesuai standar KKM? Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu the matching-only  posttest-only kontrol group  design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas XI IPA SMAN 6 Wajo yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah keseluruhan 151 peserta didik. Sampel pada penelitian ini dipilih dengan menggunakan teknik matching sehingga diperoleh 2 kelas dengan jumlah keseluruhan peserta didik 61. Selanjutnya, berdasarkan hasil  analisis  statistik pemahaman konsep fisika menunjukkan  bahwa thitung yang diperoleh sebesar 12,31 dan ttabel sebesar 2,02, Sehingga thitung >  ttabel hal ini menunjukkan  bahwa  terdapat  perbedaan  pemahaman konsep fisika antara  peserta didik  yang  diajar  dengan  strategi belajar MURDER dan peserta didik yang tidak diajar strategi belajar MURDER XI IPA SMAN 6 Wajo.


Keywords


Strategi belajar kooperatif MURDER; pemahaman konsep

References


Arikunto, Suharsimi. 2007. Menejemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Bloom, Benyamin S. 1956. Taxonomi Of Educational Objective: The Classification of Educational Goals. New York: McKay.

Creswell, John W. 2009. Research Design Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Frankel, Jack R. dan Wallen Norman E. 2009. Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill.

Ramayulis. 2014.Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan, Jakarta : Kencana Prenada Media.

Subana dan Sudrajat. 2009. Dasar-dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: CV. Pustaka

Setia.




DOI: https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.5189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Gambar terkait

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Published : Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah dan keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
Kampus 2: Jalan H. M. Yasin Limpo No. 36 Samata-Gowa
E-mail: jpf@uin-alauddin.ac.id

 p-ISSN: 2355-5785 | e-ISSN: 2550-0325