EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN QUESTION CARD DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 SANROBONE

A. Sriyanti, Ridwan Idris, Rikayanti Rahman

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah melihat efektivitas model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media pembelajaran question card di kelas VIII SMPN 1 Sanrobone dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa di kelas VIII  SMPN 1 Sanrobone. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan non-equivalent control grup design. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media pembelajaran question card dan kelas kontrol tidak dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media pembelajaran question card dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan α = 0,05 menunjukkan bahwa nilai  (2-tailed)  atau  artinya tidak terdapat perbedaan rata-rata pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media pembelajaran question card dan kelas yang tidak diajar menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media pembelajaran question card. Berdasarkan kesimpulan dapat diketahui bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan media pembelajaran question card  tidak efektif meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.

 

Abstract

This research aims to examine the effectiveness of Numbered Heads Together (NHT) learning model which is equipped with Question Card learning media in promoting seventh grader’s understanding of mathematical concepts in SMPN 1 Sanrobone. In investigating the issue, this research used quasi experimental research with non-equivalent control group design. The research samples were selected using purposive sampling technique and were divided into two groups. The first group is an experimental class where Numbered Heads Together (NHT) learning model and Question Card learning media are implemented, while the second group is control class where Numbered Heads Together (NHT) learning model and Question Card learning media are not implemented. The results of hypothesis testing with significance rate of α = 0,05 shows that the value of  (2-tailed)  atau  . This further indicates that there is no difference in students’ understanding of mathematical concepts whether or not they are taught using Numbered Heads Together (NHT) learning model and Question Card learning media. Therefore, this research concludes that the implementation of Numbered Heads Together (NHT) learning model and Question Card learning media is not effective in promoting seventh graders’ understanding of mathematical concepts.


Full Text:

PDF

References


Annisa, P. E., Farahsanti, I., & Veteran. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Pemahaman dan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 1–13. Retrieved from https://digilib.uns.ac.id.

Ardani, N. P. M., Putra, I. K. A., & Kristiantari, M. G. R. (2014). Pengaruh Model Kooperatif TGT Berbantuan Media Question Card terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1),1-11. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jjpgsd/article/view/2275/1970.

As’ari, A. R. dan M. T. dan E. V. dan Z. I. dan I. T. (2017). Matematika. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Cahyono, B. N. A. (2016). Analisis Soal Dalam Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Kelas. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 86–98. Retrieved from https://jurnalftk.uinsby.ac.id.

Hamalik, O. (2005). Perencanaan Pengajaran Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, M. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kebudayaan, K. P. dan. (2016a). Hasil PISA 2015. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/322420745_hasil_PISA_Indonesia_tahun_2015_mengalami_peningkatan.

Kebudayaan, K. P. dan. (2016b). Hasil TIMSS 2015. Retrieved from https://puspendik.kemdikbud.go.id/seminar/upload/hasil Seminar puspendik.

Lestari, P., & Romdiani, N. S. (2018). Efektivitas Pembelajaran dengan Media Kartu untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika (JNPM), 3(1), 17–24. Retrieved from https://www.researchgate.net.

Lince, R. (2016). Creative Thinking Ability to Increase Student Mathematical of Junior High School by Applying Models Numbered Heads Together. Journal of Education and Practice, 7(6), 206–212. Retrieved from http://files.eric.ed.gov.

Miaz, Y. (2015). The Implementation Of Numbered Heads Together To Improve The Students’Achievement Of Social Sciences In Primary School. Research Journal of Social Sciences, 10, 40–45. Retrieved from http://www.aensiweb.net/AENSIWEB/rjss/rjss/2015/November-%20December/40-45.pdf

Nurwati, & Zamsir. (2014). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dan Numbered Heads Together terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(3), 1–16. Retrieved from https://ojs.uho.ac.id

Nwaocha, V. O. (2010). Enhancing students interest in mathematics via multimedia presentation. African Jurnal of Mathematics and Computer Science Research, 3(7), 107–113. https://doi.org/10.1103/PhysRevA.74.023615.

Oktariani. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Sistem Koloid dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Team Games Tournament (TGT) di SMA. Jurnal Pendidikan Kimia (Orbital), 2(1), 22–27. Retrieved from https://www.researchgate.net.

Qurniawati, Annik, D. (2013). Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Media Kartu Pintar dan Kartu Soal terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Genap SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(3), 166-174. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/2654/1869

Riyadi, A. S., & Mosik. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Komunikasi Ilmiah. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 3(2), 2–8. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/3590

Riyanto, Y. (2012). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Sari, Y. M., & Kurniasih, N. (2015). Efektivitas Numbered Heads Together Berbantu Media Kartu terhadap Siswa. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 139–142. Retrieved from http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/ekuivalen/article/view/2720

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika. (E. Suherman, Ed.). Bandung: UPI.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Celeban Timur.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al asma : Journal of Islamic Education is indexed by:

  


Al asma : Journal of Islamic Education

Published by:

Komite Penjaminan Mutu (Quality Assurance Committee), Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Alauddin State Islamic University of Makassar

Office Address:

JL. H. M. Yasin Limpo, No. 36, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Building, Quality Assurance Committee Office at 3th floor, Samata - Gowa, Sulawesi Selatan 92113

Email: al-asma@uin-alauddin.ac.id

Print ISSN: 2715-2820 | Online ISSN: 2715-2812 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

 View Al asma Stats