PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THE POWER OF TWO TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK

Ainul Uyuni Taufiq, Ummul Hasanah

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar biologi peserta didik sebelum dan setelah menggunakan model pembelajaran tipe the power of two serta pengaruhnya terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTs As-Shalihin Gowa sebanyak 64 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII B sebanyak 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar biologi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar biologi peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran tipe the power of two berada pada kategori cukup dengan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 62,23. Namun, setelah menggunakan model pembelajaran tipe the power of two berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 78,81. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran the power of two berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi di kelas VIII MTs As-Shalihin Gowa.


Abstract

This study aims to determine student biology learning outcomes before and after using the learning model of the power of two and its effect on learning outcomes. The type of research used is experimental research. The study population was all students of class VIII MTs As-Shalihin Gowa as many as 64 people. The sample of this research is class VIII B as many as 32 people. The research instrument used was a biology learning achievement test. Based on the results of the study, it was found that the biology learning outcomes of students before using the power of two learning model were in the sufficient category with an average value of learning outcomes of 62.23. After using the power of two learning model is in the high category with an average value of learning outcomes of 78.81. It can be concluded that using the power of two learning model has an effect on improving biology learning outcomes of students in class VIII MTs As-Shalihin Gowa.


Keywords


model pembelajaran the power of two, hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA. Dirjen Mandikdasmen. Depdiknas.

Fatkhurohman, N. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two (Kekuatan Berdua) terhadap Hasil Belajar pada Pelajaran Matematika Materi Himpunan pada Siswa Kelas VII A MTs Miftahul Huda Bandung Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Fuhasari, H. (2012). Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menerapkan Metode The Power of Two pada Siswa Kelas IV SD Negeri Trangsan 03 Gatak Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan, (Online), (http://www.ums.ac.id, Diakses 24 September 2018).

Ibrahim, M., Rachmadiarti, F., Nur, & M., Ismono. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA

Masri’ah, S. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran The Power Of Two and Four Mata Pelajaran Fikih Materi Puasa di MTS Darul Ulum Ngaliyan Semarang. Jurnal Pendidikan Madrasah (Online), Volume 1, Nomor 2, November 2016, (http://ejournal.uinsuka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/article/download/1212/1105, Diakses 14 Mei 2020).

Nur Wahidah. (2010). Keefektifan Penerapan Strategi Berpikir, Berbicara dan Menulis (BBM) Setting Kooperatif dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Makassar. Tesis. Tidak diterbitkan. Universitas Negeri Makassar.

Nurdin. (2007). Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi. Tidak diterbitkan. Universitas Negeri Surabaya.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Silberman. (2009). Pembelajaran The Power of Two, (Online). (http://www.scribd.com /doc31286550/Pembelajaran-the-Power-of-Two, Diakses, 23 September 2018).

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sopah, D. (2000). Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Suherman., Turmudi., Suryadi., Herman., Suhendra., Prabawanto., Nurjannah., & Rohayati. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan pendidikan Matematika FMIPA UPI.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Grasindo.

Zaini Hisyam, dkk. (2002). Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CTSD


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Al asma : Journal of Islamic Education is indexed by:

  


Al asma : Journal of Islamic Education

Published by:

Komite Penjaminan Mutu (Quality Assurance Committee), Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Alauddin State Islamic University of Makassar

Office Address:

JL. H. M. Yasin Limpo, No. 36, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Building, Quality Assurance Committee Office at 3th floor, Samata - Gowa, Sulawesi Selatan 92113

Email: al-asma@uin-alauddin.ac.id

Print ISSN: 2715-2820 | Online ISSN: 2715-2812 

 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

 View Al asma Stats