Function and Language Influence As A Tool Of Communication In Islamic Dakwah

Muzdalifah Sahib

Sari


Tulisan ini berkaitan dengan bahasa dan dakwah yang bertujuan untuk mengetahui apa dan bagaimana fungsi dan pengaruh bahasa sebagai alat komunikasi terhadap kesuksesan dakwah Islam. Adapun metode yang digunakan adalah metode deskriptif untuk menggambarkan tentang apa yang dimaksud di atas, karena bahasa dan dakwah saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan satu sama lain karena bahasa merupakan anugerah Ilahi yang di gunakan manusia untuk berinteraksi dalam kehidupannya termasuk berdakwah.

Tulisan ini menunjukkan bahwa: (l) Baik bahasa verbal maupun non verbal mempunyai fungsi yang sangat penting dalam dakwah Islam. Bahasa verbal berfungsi sebagai wahana pengenal, wahana interaksi sosial dalam kegiatan dakwah bi al-lisan dan bi al-qalam serta bi al-hal. Sedangkan bahasa non verbal berfungsi sebagai wahana pengenal, wahana interaksi sosial, sebagai pengganti dan pelengkap yang memperjelas bahasa verbal dalam kegiatan dakwah bi al-hal dan dakwah lewat lukisan. (2) Kesuksesan sebuah dakwah juga banyak dipengaruhi oleh penggunaan bahasa. Dengan bahasa yang lemah lembut/sopan, baik dan benar disertai tinggi rendahnya intonasi yang sesuai, insya Allah akan membawa kepada dakwah yang sukses. Sebaliknya dengan bahasa yang kasar dan intonasi yang terlalu tinggi, akan membawa kepada kegagalan sebuah dakwah. (3). Salah satu contoh dakwah lewat tulisan yang hingga kini masih berpengaruh di tengah-tengah masyarakat Indonesia khususnya di Sulawesi Selatan ini adalah dakwah Sheikh Yusuf al-Makassary lewat karya-karya mistik religious beliau sebagai salah seorang pembaharu dalam dunia mistik Islam.


Teks Lengkap:

Download PDF

Referensi


Furuta 1994 Komunikasi Antarbudaya: Sebuah Perbandingan antara Jepang-Amerika. Tranlated by Dr. Arifin Bey. CV. Antarkarya, Jakarta.

Al-Hilali Taqiuddin Muhammad, Dr and Dr. Muhammad Muhsin Khan. 1995 Interpretation of the Meanings of the Noble Qur’an in the English Language. (Dar-us-Salam Publications: Riyadh-Saudi Arabia)

Liliweri, Alo, Dr, MS. 1994. Komunikasi Verbal dan Nonverbal. PT. Citra Aditya Bakti, Bandung.

Al Misbahy Habsyar. 2000.. Jihad dalam Dakwah. Al Ahkam, Makassar.

Muhammad, Isa Abu bin Saurah Al Turmudzy. 1408 H/1987 M Sunan Al Tirmidzy. Juz IV. Dar Al Kutub Al Ilmiah, Beirut.

---------1408 H/1987 M Sunan Al Tirmidzy. Juz V. Dar Al Kutub Al Ilmiah, Beirut.

Nugroho, Adi 1996 Tehnik Mahir Berpidato Disertai Contoh. Indah, Surabaya.

Sahib, Muzdalifah, Dra. Hj., M. Hum. 2003. A Cross Cultural Study on the Use of Polite Expression in English and Makassar. Yayasan Fatiya Makassar, Makassar.

Sheikh Yusuf al-Makassari w.y Mathalib al-Salikin. F Or A 13b. MSKBG 108 Leiden.

Sultan, Sahib, 2008 Allah dan Jalan Mendekatkan Diri kepada-Nya dalam Konsepsi Syeikh Yusuf. YAPMA, Makassar.

Webster, A.M. 1991, Webster Ninth New Colligiate Dictionary. Merriam Webster Inc. Publisher. U.S.A.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.