PERBANDINGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN TIPE NHT SMA NEGERI 9 MAKASSAR

Asrijal Asrijal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui  perbandingan motivasi belajar siswa antara penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan  pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Makassar, dan (2) mengetahui perbandingan hasil belajar siswa antara penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan  pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Makassar.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPAsemester genap SMA Negeri 9 Makassartahun ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik clusterrandom sampling dengan memilih dua kelas dari enam kelas XI IPA yang ada. Kelas yang dimaksud yaitukelas XI IPA1 dibelajarkan dengan model pembelajaran STAD dengan jumlah siswa 40 orang dan kelas IPA2 dibelajarkan dengan model pembelajaran NHT dengan jumlah siswa  40 orang. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012.

         Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas XI IPA1 dan IPA2 SMA Negeri 9 Makassar (2) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas XI IPA1 dan IPA2 SMA Negeri 9 Makassar.


Keywords


Motivasi dan hasil belajar, STAD (StudentTeamAchievementDivision), NHT (Numbered Head Together)

References


Sardiman, A. M. 2001. Intraksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Slavin, R. 2010. Cooperative Learning: Teori, Riset, and Praktik (Terjemahan dari Cooperative Learning: Theory, Research, dan Practice. Buston: Allyn and Bacon). Bandung: Nusa Media.

Sumarni. 2010. Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered-Heads-Together) dengan Pemanfaatan LKS (Lembar Kerja Siswa).Jurnalonline)Http://www.ctl.utm.my/publications/manuals/mm/enMM.pdf. Diakses pada tanggal 9 Desember 2011).




DOI: https://doi.org/10.24252/jb.v1i1.1685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)

Jurnal Biotek is indexed by:


        ________________________________________________________

Jurnal Biotek

Jurusan Pendidikan Biologi (Department of Biology Education)

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

ISSN Print: 2354-9106 ISSN Online: 2581-1827

Jln. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan
Email: jurnal.biotek@uin-alauddin.ac.id

View Jurnal Biotek Stats