Mengurai Relasi Konsumsi Rumah Tangga, Belanja Pemerintah dan Investasi Terhadap Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi

Nurfadilah Sarimunding, Sitti Aisyah

Abstract


Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Polewali Mandar, bergerak tidak begitu akseleratif sementara pengeluaran konsumsi, pengeluaran pemerintah dan investasi pemerintah, dari tahun ke tahun semakin besar. Kontradiksi faktual tersebut, melatarbelakangi peneliti ini untuk menelusur masalah tersebut. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsumsi rumah tangga, belanja pemerintah dan investasi terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan data diolah dengan kebutuhan model yang digunakan . Teknik pengolahan data menggunakan regresi linear berganda melalui program SPSS. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder, dengan jenis data time series tahunan periode 2008-2017  yang di peroleh dari BPS (Badan Pusat Statistik). Variabel yang dugunakan adalah pertumbuhan ekonomi, konsumsi rumah tangga, belanja pemerintah dan investasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengeluaran konsumsi rumah tangga berpengaruh secara signifikan dan berhubungan positif terhadap pertumbuhan ekonomi, belanja pemerintah tidak berpengaruh signifikan tetapi berhubungan positif terhadap pertumbuhan ekonomi, investasi tidak berpengaruh secara signifikan tetapi berhungan positif terhadap pertumbuhan  ekonomi di Kabupaten Polewali Mandar tahun 2008-2017. Sedangkan secara bersama-sama variabel konsumsi rumah tangga, belanja pemerintah dan investasi berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Polewali Mandar.


References


Agus Indrianto Kurniawan, dkk. 2017. Pengaruh Investasi Swasta dan Pengeluaran Pemerintah Serta Tenaga Kerja Terhadap Pendapatan Asli Daerah dan Pertumbuhan Ekonomi. (Jurnal Ekonomi, 2017).Amartya, Sen, 1999. Development as Freedom, Alfred Knopf, New York.

Deprianto, Asrizal, Jolianis, Pengaruh konsumsi dan investasi terhadap pertumbuhan ekonomi di Kota Padang.(jurnal Ekonomi, 2012).

Dumairy, Perekonomian Indonesia, (Cetakan kelima, Jakarta, Erlangga, 1996), h.114.

Mangkoesoebroto, Guritno. 2008. Ekonomi Publik, Edisi ketiga. BPFE, Yogyakarta.Mankiw, G. (2007). Makroekonomi. Edisi keenam. Jakarta: Erlangga

Smith, Adam. 1759. “The Theory of Moral Sentiments.” Edited by: Knud Haakonssen. Cambridge: Cambridge University Press.

Salvatore, D& Dowling, E.T, 2006, Theory And Problems at Economic Development, Mc-Graw Hill, New York.




DOI: https://doi.org/10.24252/ecc.v5i2.7077

EcceS: Economics, Social, and Development Studies is indexed by:

ISSN Online : 2580-5770

ISSN Printed : 2407-6635

Jl.H.M.Yasin Limpo No. 36 Samata, Gowa, Sulawesi Selatan

Phone: -

Email: ecces@uin-alauddin.ac.id

==================================

Creative Commons License
Jurnal Ecces is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

View My Stats