Analisisis Pengaruh Berbagai Variabel Terhadap Kewirausahaan Anggota Kelompok Ternak Binaan Putkati di Sulawesi Selatan

Andi Mulia, Andi Suarda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji kompentensi pengaruh berbagai variabel terhadap Kewirausahaan Anggota kelompok Ternak Binaan Putkati di Sul-Sel, dengan  menganalysis dan mengetahui: pengaruh bantuan ternak, pendampingan serta budaya kebersamaan  terhadap perilaku anggota. Penelitian ini dilaksanakan  pada 4 Kabupaten di sulawesi Selatan yaitu Kab. bulukumba, Kab. Polmas, Kab. Mamuju dan Kab. Luwu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei lapangan dengan menggunakan kuesoiner dan wawancara langsung  80 kelompok ternak atau sebanyak 320 petani peternak binaan Proyek Putkati di Sulsel sebagai responden. Pengambilan sampel dilakukan secara proporsional sesuai dengan banyaknya jenis kelompok ternakpada setiap kabupaten, kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sampel acak sederhana di 4 kabupaten sebagai lokasi proyek dan sekaligus lokasi penelitian.  Data dianalysis dengan menggunakan Statistik Path Analysis untuk mengetahui besarnya pengaruh  masing-masing  variabel dalam penelitian ini. Hasil menunjukkan bahwa;  bantuan ternak, pendampingan dan budaya kebersamaan berpengaruh terhadap kewirausahaan anggota kelompok ternak binaan Putkati di Sulawesi Selatan. Sedangkan kontribusi terbesar pada pendampingan sebesar 23,5 %.

Keywords


Putkati, Ternak, Kewirausahaan Anggota Kelompok

References


Anonim. 2002. Pembinaan dan Pengembangan Kelompok Tani Proyek Putkati. Departemen Pertanian, Direkturat Jenderal Produksi Peternakan. Proyek Pengembangan Usaha Tani Terpadu Kawasan Indonesia Timur.

Chaplin, J. P. 1968. Kamus lengkap Psikologi. PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.

Kwok, B, C. and See Ngoh, C.C. 1995. Steeping Out. The Making of Chinese Entrepreneurs. Prentice-Hall Inc., New York.

Widjaya, A. W. 1986. Manusia Indonesia. Individu, Keluarga dan Masyarakat, Topik-topik Kumpulan Bahan Bacaan Mata Kuliah Ilmu Sosial Dasar. CV. Akademika Pressindo, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24252/jiip.v5i1.11256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Ilmu dan Industri Peternakan by Indexing:

        

 

pISSN 2355-0732

eISSN 2716-2222

 

OFFICIAL ADDRESS
Department of Animal Science, Faculty of Science and Technology of Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jl. HM. Yasin Limpo 36 Samata, Gowa Regency, South Sulawesi, Indonesia. 92113

E-mail: jiip@uin-alauddin.ac.id

  Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License