Kontribusi Perempuan Dalam Peningkatan Usaha Peternakan Sapi Potong Diera Modernisasi di Kelurahan Datara Kecamatan Malakaji Kabupaten Gowa

Mursidin Mursidin, Andi Suarda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kontribusi perempuan dalam meningkatkan usaha peternakan sapi potong di Kel. Datara Kec. Malakaji Kab. Gowa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara FGD (Focus Group Discussion) dimana dalam FGD ini dilakukan proses wawancara secara langsung terhadap perempuan yang berprofesi sebagai peternak sapi potong serta instansi dan tokoh adat daerah penelitian. Yang dimaksud wawancara adalah proses memperoleh keterangan atau informasi untuk tujuan penelitian/pengamatan dengan cara tanya jawab kepada responden dengan menggunakan alat interview guide atau panduan wawancara. Hasil yang dicapai pada penelitian ini adalah kontribusi perempuan dalam pemeliharaan mengontrol dan memberikan makanan pada ternak sebanyak dua kali sehari yakni pada pagi hari pukul 07.00 WITA dan sore hari pada pukul 16.30 WITA, hal ini mereka lakukan setiap harinya. Namun ada beberapa peternak yang memilih tidak mengandangkan ternaknya, mereka hanya melepaskan di area persawahan dengan tujuan agar ternaknya mampu memenuhi kebutuhan hijauannya. Ketidaktahuan menggunakan media elektronik seperti handpone mengurangi pengetahuan peternak tentang pemasaran ternak secara online, mereka masih memilih memasarkan secara tatap muka atau bertemu langsung dengan pembeli atau pelanggan maupun pedagang besar. kontribusi perempuan dalam budidaya ternak sapi potong yang ada di Kelurahan Datara, sangat berperan dalam pengambilan keputusan seperti halnya pembeliaan dan pemilihan bibit ternak, penjualan ternak serta pemanfaatan uang hasil penjualan ternak, dalam hal ini peran perempuan lebih mendominasi dalam pengembilan keputusan.


Keywords


Kontribusi, Perempuan, Peternak, Sapi Potong

References


Abdullah, A. dan Amrawati, A. 2008. Peranan Istri Petani Ternak Ayam Buras Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga Di Kabupaten Bulukumba. Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin Makassar. Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner. Hal. 711-717.

Ahmad, J. 2014. Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Curahan Waktu Kerja dalam Usaha Ternak Sapi Potong di Desa Barabatu Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep. Skripsi. Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin Makassar.

Bonewati, Y. I., 2016. Peran Perempuan Pada Usaha Ternak Sapi Potong Yang Terintegrasi Dengan Tanaman. Skripsi. Jurusan Sosial Ekonomi Peternakan. Universitas Hasaniddin, Makassar.

Mahmuda, N. 2015. perempuan dalam tantangan Modernitas. Jurnal An-Nisa', Vol.8.

Mariyono., Anggraeni, Y., Rasyid, A. 2010. Rekomendasi Teknologi Peternakan dan Veteriner Mendukung Program Swasembada Daging Sapi (PSDS) Tahun 2014. Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian

Putra, E. T. 2014. Analisis Kualitas Layanan Terhadap Tingkat Penjualan Produk Telkomsel Dioutlet N dan X Cell. Jurnal Apresiasi Ekonomi, 2(2).

Rianto dan Purbowati. 2009. Panduan Lengkap Sapi Potong. Penebar Swadaya, Jakarta.

Siregar, 2008. Penggemukan Sapi Jakarta. Penebar Swadaya, Jakarta.

Suradisastra, K. dan Lubis, A. 2000. Aspek Gender Dalam Kegiatan Usaha Peternakan. Pusat penelitian Sosial Ekonomi Pertanian. Bogor. Jurnal Wartazoa, 10 (1), 13-19.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Jurnal Ilmu dan Industri Peternakan by Indexing:

         


pISSN 2355-0732
eISSN 2716-2222

 

Published by

Department of Animal Science, Faculty of Science and Technology of Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jl. HM. Yasin Limpo 36 Samata, Gowa Regency, South Sulawesi, Indonesia. 92113

E-mail: jiip@uin-alauddin.ac.id

  Lisensi Creative Commons

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License