ANALISIS SIKAP SISWA SMP TERHADAP MATA PELAJARAN IPA

Dwi Agus Kurniawan, Astalini Astalini, Nugroho Kurniawan

Abstract


Abstrak:

Sikap adalah ekspresi menerima (sikap positif) ataupun menolak (sikap negatif) suatu objek. Analisis sikap terhadap IPA merupakan penilaian siswa terhadap IPA, sehingga akan diketahui apakah siswa tersebut memiliki sikap positif atau sikap negatif terhadap IPA. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sikap siswa berdasarkan tiga indikator sikap siswa terhadap IPA. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survey dengan menggunakan instrumen berupa angket dan wawancara. Sampel pada penelitian ini berjumlah 2815 siswa/i SMP Kabupaten Muaro Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implikasi sosial dari mata pelajaran IPA menunjukkan kategori sangat baik yang mencapai hingga 53,2%, sedangkan kesenangan dalam belajar IPA menunjukkan kategori baik dengan persentase 48,1%, serta ketertarikan berkarir di bidang IPA berkategori cukup dengan persentase sebesar 41,8%. Secara umum hasil penelitian mengindikasikan bahwa sikap siswa di SMP berkategori baik, karena ketiga indikator yang diukur menunjukkan kategori baik yang menunjukkan sikap positif.

Abstract:

Attitude is an expression of accepting (positive attitude) or rejecting (negative attitude) of an object. Attitude Analysis towards natural sciences (IPA) was the students' assessments on Natural Sciences to know whether the students had a positive attitude or a negative attitude towards Natural Sciences. This study aimed to describe the students’ attitude towards Natural Sciences based on three indicators. This study was survey research using questionnaire and interview as instruments. The sample in this study consisted of 2815 students of junior high school in Muaro Jambi Regency. The results of the study showed that the social implications of Natural Science subject showed very good categories reaching up to 53.2%, while the interest in learning Natural Sciences showed good categories with a percentage of 48.1%, and career interest of natural science was adequate with a percentage of 41.8%. In general, the results of this study indicated that the attitude of the students in senior high school was categorized good because the three indicators showed good categories that indicated positive attitude.


Keywords


Sikap terhadap IPA; Implikasi Sosial dari IPA; Kesenangan Belajar IPA; Minat Berkarir di bidang IPA

Full Text:

PDF

References


Astalini, & Kurniawan, D. A. (2019). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama terhadap Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains, 7(1).

Astalini, Kurniawan, D. A., & Anggraini, L. (2019). Correlation Between Confidence with Attitude Toward Science in Secondary School in Indonesia. Beder University Journal of Educational Sciences, 20(1), 30–45.

Astalini, Kurniawan, D. A., Melsayanti, R., & Destianti. (2018). Sikap terhadap IPA di SMP se-Kabupaten Muaro Jambi. Lentera Pendidikan, 21(22), 214–227.

Astalini, Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Kurniasari, D. (2018). Identification of Student Attitudes toward Physics Learning at Batanghari District High School. The Educational Review USA, 2(9), 475–484.

Astuti, R., Sunarno, W., & Sudarisman, S. (2012). Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi dan Eksperimen Terbimbing Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Motivasi Belajar Siswa. INKUIRI, 51–59.

Halim, L., Rahman, N. A., Zamri, R., & Mohtar, L. (2017). The Role of Parents in Cultivating Children’s Interest towards Science Learning and Careers. Journal of Sciences, 1–7.

Heryanto, W. P., Fata, S., & Yakino. (2019). Analisis Karakter dan Kemampuan Guru IPA dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Sains, 7(1), 64–69.

Jack, B. M., & Lin, H. (2018). Warning! Increases in Interest without Enjoyment May not be Trend Predictive of Genuine Interest in Learning Science. International Journal of Educational Development, 136–147.

Kerlinger, F. N. (2014). Asas-asas Penelitian Behavioral. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Kurniawan, D. A., Astalini, & Anggraini, L. (2018). Evaluasi Sikap Siswa SMP Terhadap IPA di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah Didaktika, 19(1), 124–139.

Liaghatdar, M. J., Soltani, A., & Abedi, A. (2011). A Validity Study of Attitudes toward Science Scale among Iranian Secondary School Students. International Education Studies, 4(4), 36–46.

Manasia, L. (2015). Enjoyment of Learning in Upper Secondary Education. An Exploratory Research. Social and Behavioral Sciences, 639–646.

Mawardini, A., Permanasari, A., & Sanjaya, Y. (2015). Profil Literasi Sains Siswa SMP pada Pembelajaran IPA Terpadu Tema Pencemaran Lingkungan. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 49–56.

Najemi, C., & Wijayanti, A. (2014). Upaya Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2012/2013 melalui Model Pembelajaran Konstruktivisme. Pendidikan IPA NATURAL.

Pamungkas, A., Subali, B., & Lunuwih, S. (2017). Implementasi Model Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 118–127.

Pringle, P. M., Mesa, J., & Hayes, L. (2017). Professional Development for Middle School? Journal of Science Teacher Education, 57–71.

Rohmawati, A. N. (2012). Penerapan Pembelajaran IPA Terpadu dengan Model Pembelajaran Inkuiri pada Tema Mata di SMP Negeri 1 Maduran Lamongan. Jurnal Pendidikan Sains, 76–91.

Siagian, R. E. F. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131.

Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suyitno, I. (2012). Pengembangan Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal. Pendidikan Karakter, 1–13.

Zamroni, E. (2016). Urgensi Career Decision Making Skills dalam Penentuan Arah Peminatan Peserta Didik. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 140–152.

Zuhaida, A. (2018). Program Science Kids Community Berbasis Group Investigation untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Masalah Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Sains, 6(2), 13–20.




DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n2i14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan is indexed by:

      

Office Address:

Jl. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

ISSN printed: 1979-3472 ISSN online: 2580-5223

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View Lentera Pendidikan Stats