PEMBENTUKAN KARAKTER TOLERAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Hasfiana Hasfiana, Nurman Said, Wahyuddin Naro

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pembentukan karakter toleransi peserta didik di SMK Kesehatan Prima Mandiri Sejahtera Makassar. Penelitian ini termasuk kategori penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi, paedagogik, historis, dan psikologis. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, tenaga pendidik, dan peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengelolaan dan analisis data yang digunakan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Cara pembentukan karakter toleran peserta didik di SMK Kesehatan Prima Mandiri Sejahtera Makassar, yaitu dengan memberikan pelajaran sesuai dengan agama peserta didik, pembelajaran agama diharapkan mampu menanamkan sikap toleransi pada peserta didik mengintegrasikan sikap toleransi pada setiap pembelajaran. Selain itu, melalui kegiatan rutin peserta didik misalnya upacara hari senin atau peringatan hari besar dan ekstrakurikuler seperti palang merah remaja, OSIS, dan pramuka. Pelaksanaanya diajarkan untuk saling menyayangi, menghargai, menghormati dengan tidak membeda-bedakan baik Islam maupun Kristen.

Abstract:

The purpose of this research wa to find out how to shape the tolerance character of students in SMK Kesehatan Prima Mandiri Sejahtera Makassar. This research belongs to the category of qualitative research using a phenomenological, pedagogical, historical, and psychological approach. The subject of this study was the principal, Islamic Religious Education teachers, educators and students. The data collection method used is observation, interview, and documentation. Data management and analysis techniques used are data collection, data reduction, data presentation, and data verification. How to establish the tolerant character of students in SMK Kesehatan Prima Mandiri Sejahtera Makassar is to provide lessons in accordance with the religion of religious learning students are expected to be able to instill an attitude of tolerance in students Integrating an attitude of tolerance in every learning. and through routine student activities such as Monday ceremonies or extracurricular holidays and celebrations such as the teenage red cross, student council, and boy scouts. The practitioners are taught to love each other, respect, respect without discrimination both Islam and Christianity.


Keywords


Karakter Toleransi; Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2011). Pendidikan Islam Multikultural di Pesanteren. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Abidin, Z., & Habibah, N. (2009). Pendidikan Islam dalam Perspektif Multikulturalism. Jakarta: Balai Litbang.

Ahmad, S. (2012). Piagam Madinah dan Undang-Undang Dasar NKRI 1945. Jakarta: Sinar Grafika.

Anshori. (2010). Transformasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gaung Persada Press.

Chaerul, M. (2019). Multicultural Education-Based Social Science Instructional Model In Islamic School. Lentera Pendidikan : Multicultural Education Based Social Science, 22 (1), 1–19.

Erlan, M. (2017). Urgensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultu ral di Sekolah. Pendidikan Islam, 2(1).

Kementerian Agama RI. (2013). Al-Qur’an dan Terjemahan. Bandung: Darus Sunnah.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Nur, A. (2013). Pembentukan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam. Pendidikan Islam, 13(1).

Peraturan Presiden Republik Indonesia. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara.

Ramayulis. (2015). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rifania, M. (2018). Enhancing Tolerance Character Through Problem Based Learning Model (PBL) based on Simulation of Social Studies Subject with the of Themes of Diversity in My Country. International Journal Multi disciplinary and Current Resea rch, 6(4).

Sujarweni, W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sutrisno. (2011). Pembaharuan dan Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Fadila Tama.

Trianto. (2014). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n2i8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan is indexed by:

      

Office Address:

Jl. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

ISSN printed: 1979-3472 ISSN online: 2580-5223

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View Lentera Pendidikan Stats