PEMANFAATAN JURNAL REFLEKSI SEBAGAI STRATEGI METAKOGNITIF DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Khoirul Faizin

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran yang berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Secara teoritis, pemanfaatkan jurnal refleksi sebagai strategi metakognitif dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manfaatkan jurnal refleksi sebagai strategi metakognitif dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika peserta didik pada materi Kesebangunan Bangun Datar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 3 siklus. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IX-A SMPN 2 Winongan. Pada saat proses penelitian, pengamatan dilakukan terhadap pengelolaan pembelajaran dan keaktifan belajar peserta didik. Pada akhir setiap siklus, diberikan tes hasil belajar matematika. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran dengan memanfaatkan jurnal refleksi sebagai strategi metakognitif dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas IX-A SMPN 2 Winongan pada materi Kesebangunan Bangun Datar. Dengan demikian, disarankan kepada guru khususnya guru matematika untuk memanfaatkan jurnal refleksi sebagai strategi metakognitif dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik.

                                                                 Abstract

The background of this study was the low activeness of students in learning that impacted on the low learning outcomes. Theoretically, metacognitive strategies utilizing reflection journals can improve the activeness and learning outcomes. The purpose of this study was to describe the learning that utilizes reflective journal as a metacognitive strategy in improving the activity and the result of learning mathematic material of congruent flat surface. This research was classroom action research consisting of 3 cycles, and the subject was the student of class IX-A SMPN 2 Winongan. In the process, observation of the management of learning and student learning activities was done. At the end of each cycle, a mathematics achievement test was given. The data obtained were analyzed by descriptive statistics. The result of data analysis showed that learning by using reflective journal as a metacognitive strategy can increase the students’ activeness and their learning outcomes of congruent flat surface material. Then, It is suggested to teachers, especially math teachers to utilize reflective journals as a metacognitive strategy and choose it as an alternative in improving students' activeness and their learning outcomes.

 


 


 background of this study was the low activeness of students in learning that impacted on the low learning outcomes. Theoretically, metacognitive strategies utilizing reflection journals can improve the activeness and learning outcomes. The purpose of this study was to describe the learning that utilizes reflective journal as a metacognitive strategy in improving the activity and the result of learning mathematic material of congruent flat surface. This research was classroom action research consisting of 3 cycles, and the subject was the student of class IX-A SMPN 2 Winongan. In the process, observation of the management of learning and student learning activities was done. At the end of each cycle, a mathematics achievement test was given. The data obtained were analyzed by descriptive statistics. The result of data analysis showed that learning by using reflective journal as a metacognitive strategy can increase the students’ activeness and their learning outcomes of congruent flat surface material. Then, It is suggested to teachers, especially math teachers to utilize reflective journals as a metacognitive strategy and choose it as an alternative in improving students' activeness and their learning outcomes.

Keywords


Jurnal Refleksi; Metakognitif; Keaktifan Belajar; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, S. (2009). Pengaruh Penggunaan Jurnal Belajar (Learning Journal) Terhadap Hasil Belajar Peserta didik pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia. Universitas Pendidikan Indonesia.

Dwianto, A. (2010). Pengertian, Kegunaan, dan Bentuk Jurnal Belajar. Retrieved December 24, 2015, from http://www.sangpengajar.com/2010/08/pengertian-kegunaan-dan-bentukjurnal_ 02.html.

Erman, S. dkk. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia.

Fadllia, A. (2012). Pengaruh Pembuatan Jurnal Belajar Dalam Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Ekosistem. Universitas Negeri Semarang.

Febriyanti, W. P. (2009). Keefektifan Pendekatan Keterampilan Metakognitif dalam Pembelajaran Matematika pada Pencapaian Hasil Belajar Peserta didik SMP Kelas VI. Universitas Negeri Semarang.

Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2016 tentang Proses Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud.

Septiyana, K. (2012). Penerapan Jurnal Belajar Sebagai Strategi Berpikir Metakognitif Pada Materi Sistem Imunitas Terhadap Hasil Belajar Peserta didik SMA Negeri 1 Kajen. Universitas Negeri Semarang.

Shadiq, F. (2013). Metakognisi: Apa dan Mengapa Penting? Retrieved July 16, 2016, from http://p4tkmatema-tika.org/2013/12/metakognisi-apa-dan-mengapa-penting/

Sukidin, B., & Suranto. (2002). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Insan Cendekia.

Suprijono. (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Teasdale, J. D., Moore, R. G., Hayhurst, H., Pope, M., & Williams, S. (2002). Metacognitive Awareness and Prevention of Relapse in Depression: Empirical Evidence. Journal of Consulting and Clinical Physicology, 70(2), 275–287. https://doi.org/10.1037//0022-006X.70.2.275

Usaid Prioritas. (2013). Praktik Yang Baik di Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah 1. Jakarta: Usaid Prioritas.




DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan is indexed by:

      

Office Address:

Jl. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

ISSN printed: 1979-3472 ISSN online: 2580-5223

 


View Lentera Pendidikan Stats