PEMBELAJARAN BERBASIS STUDENT-CENTERED LEARNING DI PERGURUAN TINGGI: Suatu Tinjauan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

M. Arif Kurniawan, Agus Miftahillah, Nilna Milhatan Nasihah

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan pendekatan student-centered learning (SCL) di perguruan tinggi pada proses pembelajaran di tiga jurusan yang berbeda yaitu jurusan sosiologi, filsafat agama dan pendidikan bahasa Arab di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Ada dua permasalahan pokok dalam penelitian ini yakni bagaimana proses pembelajarannya serta apa strategi pembelajaran yang digunakan pada tiga jurusan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran pada mata kuliah metodologi penelitian di jurusan sosiologi, mata kuliah filsafat India di jurusan filsafat agama dan mata kuliah bahasa Arab di jurusan pendidikan bahasa Arab telah menggunakan pendekatan SCL, meskipun proses pembelajaran dari ketiga jurusan itu menggunakan strategi yang berbeda. Strategi pembelajaran pada mata kuliah metodologi penelitian di jurusan sosiologi menggunakan strategi pembelajaran interaktif dan pengajaran terbimbing (guided teaching), jurusan filsafat agama pada mata kuliah filsafat India mengunakan strategi pembelajaran interaktif, lebih menekankan pada diskusi dan sharing diantara peserta didik, sedangkan di jurusan pendidikan bahasa Arab pada mata kuliah bahasa Arab menggunakan strategi pembelajaran peer lesson yaitu pembelajaran dengan cara mengajar sesama teman.

Abstract:

This research aimed at comparing student-centered learning (SCL) Approach in the university in three different courses in three departments at UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. There were two main problems in this research. They were how was the learning process and what strategy used on those three courses. The result showed that the learning process in the three courses namely research methodology course in the department of sociology, Indian philosophy course in the department of Religious philosophy, and Arabic language course in the department of Arabic language education have used SCL approach in the learning process, even though with different strategies. Research methodology course in sociology department used guided teaching strategy, Indian philosophy course in Religious philosophy department used interactive learning strategy since that course emphasized discussion and sharing among the students, and Arabic language course in Arabic language education department used peer lesson strategy, that was the students learned by teaching each other. 


Keywords


Strategi Pembelajaran; Student-Centered Learning; Perguruan Tinggi

Full Text:

PDF

References


Brookfield. (2002). Self-directed Learning, Political Clarity and the Critical Practice of Adult Education. Adult Educ Quart, 43(4), 30.

Depdiknas. (2003). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning. Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Gokhale. (1995). Collaborative Learning Enhances Critical Thinking. Journal Teach Educ, 7(1), 1045.

Harsono. (2008). Student-Centered Learning di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan Indonesia, 3(1), 5.

Kurdi, F. N. (2009). Penerapan Student-Centered Learning dari Teacher-Centered Learning Mata Ajar Ilmu Kesehatan pada Program Ilmu Kesehatan. Forum Kependidikan, 28(2), 109-110.

Ngalimun. (2011). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Preesindo.

Ramdhani, N. (2009). Ruh Experiential Learning dalam SCL. Retrieved from http://neila.staff.ugm.ac.id/?pilih=lihat&id=10.

Rasiban, Meilia, L. (2013). Penerapan Student-Centered Learning Melalui Metode Mnemonik Dengan Teknik Asosiasi Pada Mata Kuliah Kanji Dasar. Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang FPBS UPI.

Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Yamin, M. (2007). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persana Press.




DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan is indexed by

 

 


View Lentera Pendidikan Stats