PEMBELAJARAN BERBASIS STUDENT-CENTERED LEARNING DI PERGURUAN TINGGI: Sebuah Tinjauan di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Muchamad Arif Kurniawan

Abstract


Abstrak:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya kampus di Indonesia yang menggunakan model pembelajaran Teacher Centered Learning (TCL) atau pembelajaran yang berporos kepada dosen/guru. Padahal seiring dengan berkembangnya zaman, untuk menyesuaikan peningkatan personal mahasiswa di perguruan tinggi, pembelajaran yang berpusat pada dosen sudah tidak relevan. Munculah pendekatan pembelajaran SCL (Student Centered Learning) sebagai alternatif pendekatan pendidikan untuk menjawab permasalahan ketidaksesuaian pendekatan TCL. Penelitian ini adalah untuk membandingkan pendekatan SCL di perguruan tinggi pada proses pembelajaran di tiga jurusan yang berbeda yakni sosiologi, filsafat agama dan pendidikan bahasa arab di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Setidaknya ada dua permasalahan pokok dalam penelitian ini yakni bagaimana proses pembelajarnnya serta bagaimana strategi yang digunakan pada tiga jurusan tersebut. Hasil dari penelitian ini manunjukkan bahwa ketiga perkuliahan di yang diteliti telah menggunakan pendekatan SCL dalam pembelajarannya, meskipun dalam pembelajaranya dari ketiga matakuliah itu menggunakan strategi yang berbeda. Jika di jurusan sosiologi menggunakan strategi pembelajaran interaktif dan pengajaran terbimbing (guided teaching). Dalam jurusan filsafat agama mengunakan strategi pembelajaran interaktif karena lebih menekankan pada diskusi dan sharing diantara peserta didik. Sedangkan dalam mata kuliah bahasa arab menggunakan strategi pembelajaran peer lesson yaitu pembelajaran dengan cara mengajar sesama teman.

Abstract:
This research is based on so many university in Indonesia using Teacher Centered Learning (TCL) or learning centered by lecturer or teacher. Nowadays, learning centered by teacher does not relevant anymore, regarding to the development of the university student personality. Therefore, Student Centered Learning (SCL) come as an alternative approach in education to answer the TCL problems. This research compares SCL Approach in university among three lecturing subject, which are research in major of sociology, religion philosophy, and Arabic language education UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. At least, there are two problems in this research: how the learning process also what strategy used on those three major subject the result at this research shows that those three major using SCL approach in the learning process, eventhough using different strategy. Subject research in sociology use guided teaching strategy. Religion philosophy use interactive learning because that subject emphasie discussion and sharing among the student. The last one, Arabic language education using peer lesson strategy which is learning by teaching each other.
Kata kunci:
Strategi Pembelajaran, Student-Centered Learning, Perguruan Tinggi

References


DAFTAR PUSTAKA

Depdiknas. (2003). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning), Jakarta: Ditjen Dikdasmen.

Ditjen Dikti Depdiknas. (2004). Tanya Jawab Seputar Unit dan Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Nuraini Kurdi, Fauziah.( 2009).“Penerapan Student-Centered Learning “Penerapan Student-Centered Learning dari Teacher-Centered Learning Mata Ajar Ilmu Kesehatan pada Program Ilmu Kesehatan”, Forum Kependidikan, 28(2), Maret 109-110.

Harsono. (2008). “Student-Centered Learning di Perguruan Tinggi”, Jurnal Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan Indonesia, 3(1), 5.

Harsono. (2009). “Aplikasi SCL dalam Proses Pembelajaran”, dalam Fauziah Nuraini Kurdi, “Penerapan Student-Centered Learning dari Teacher-Centered Learning Mata Ajar Ilmu Kesehatan pada Program Ilmu Kesehatan”, Forum Kependidikan, 28(2), 109-110.

Ngalimun. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Preesindo, 2011.

Ramdhani, Neila, 2009, “Ruh Experiential Learning dalam SCL”, dalam http://neila.staff.ugm.ac.id/?pilih=lihat&id=10

Rasiban, Linna Meilia. “Penerapan Student-Centered Learning Melalui Metode Mnemonik Dengan Teknik Asosiasi Pada Mata Kuliah Kanji Dasar”, Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang FPBS UPI.

Rogers, C. (1983). As a teacher, can I be myself? In Freedom to learn for the 80s, (Ohio: Charles E. Merrill Publishing Company.

Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Zaini, Hisyam DKK. (2002). Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CTSD.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan is indexed by

 

 


View Lentera Pendidikan Stats