FAKTOR SITUASIONAL, ORIENTASI TUJUAN, DAN LOCUS OF CONTROL SEBAGAI PREDIKTOR PRAKTEK MENYONTEK: PENYUSUNAN DAN PENGUJIAN MODEL

Mujahidah Mujahidah

Abstract


Abstrak: Masalah  menyontek  telah  menjadi  persoalan  krusial  dalam  dunia  pendidikan, khususnya  di  perguruan  tinggi.  Faktor  situasional,  tujuan,  dan  locus  of  control adalah  sebagian  faktor  yang  dianggap  mempengaruhi  maraknya  praktek  me- nyontek.  Berdasarkan  analisis  model  persamaan  struktural  dapat  disimpulkan model E lebih kuat daripada model A, Model B, Model C, dan model D. Hal ter- sebut  diketahui  berdasarkan  kriteria  nilai  chi-square,  nilai  CFI,  dan  nilai  p  sehingga terdapat kesesuaian antara model dan data. Ketiga hipotesis minor  yang diajukan diterima secara signifikan.

Abstract:The  problem  of  cheating  has  become  a  crucial  issue  in  education,  especially  in universities.  Situational  factors,  objectives,  and  locus  of  control  are  some  of  the factors considered affect a lot of cheating practice. Based on the analysis of struc- tural equation models, it can be inferred that E model is more powerful than the model A, Model B, Model C and Model D. It is known by the criteria of the chi- square value, the value of the CFI, and the value of p, therefore there is a corres- pondence between the model and the data. Three minor hypotheses proposed are received significantly.    



DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2013v16n1a3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan is indexed by:

      

Office Address:

Jl. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

ISSN printed: 1979-3472 ISSN online: 2580-5223

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View Lentera Pendidikan Stats