PONDOK PESANTREN: Ciri Khas, Perkembangan, dan Sistem Pendidikannya

B. Marjani Alwi

Abstract


Abstrak: Pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan juga sebagai lembaga pengajaran agama dan sosial keagamaan, mulai dikenal di sepanjang pantai utara Jawa seperti di Gresik, Surabaya, Tuban, dan sebagainya. Beberapa ciri khas yang dimili-ki oleh pondok pesantren secara umum yang masih dipertahankan sampai sekarang ini adalah kiai, santri, pengajaran kitab Islam klasik, masjid, dan pondok. Sistem pendidikan dan pengajaran di pondok pesantren diklasifikasi menjadi tiga tipe, yaitu pesantren tradisional, pesantren semi modern, dan pesantren modern.

Abstract: Boarding school as an educational institution as well as religious institution and religious social teaching have been known along the northern coast of Java, such as Gresik, Surabaya, Tuban, and other places. Some characteristic possessed by the boarding school in general is still maintained until now such as kiai, santri, teaching classical Islamic texts, mosques, and pondok (a place where santri live). The education system and teaching in boarding school are classified into three types, namely traditional boarding schools, semi-modern boarding school, and modern boarding schools.


Keywords


Pondok Pesantren; Perkembangan; Sistem Pendidikan



DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2013v16n2a8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan is indexed by:

      

Office Address:

Jl. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

ISSN printed: 1979-3472 ISSN online: 2580-5223

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View Lentera Pendidikan Stats