MODEL PENDIDIKAN DALAM KELUARGA BERBASIS MULTIRELIGIUS

Hadi Pajarianto, Natsir Mahmud

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji model pendidikan dalam keluarga yang berbasis multireligius. Fokus kajian ini terdiri dari tiga hal: (1) menemukan latar pluralitas sosial keagamaan pada keluarga Muhammadiyah berbasis multireligius; (2) model pendidikan keluarga pluralis berbasis multireligius; (3) perilaku sosial keagamaan pada keluarga Muhammadiyah Pluralis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pendekatan fenomenologi digunakan untuk mendeskripsikan fakta-fakta atau fenomena yang dilakukan oleh manusia baik individu maupun kelompok. Hasil penelitian diperoleh: (1) latar pluralitas sosial keagamaan pada keluarga Muhammadiyah di Tana Toraja dibentuk oleh faktor budaya dan agama; (2) pendidikan keluarga Muhammadiyah pluralis yang berbasis multireligius di Tana Toraja berlangsung dalam beberapa model, yakni: pluralis, protektif, dan konsensual cenderung protektif; (3) perilaku sosial keberagamaan diidentifikasi terjadi pada ranah sosial keagamaan, pendidikan formal, politik, dan ekonomi.

Abstract:

This research aimed to study the educational model in a family which based on religious plurality. This research focused on 3 things; (1) finding the background of the social religious plurality in Muhammadiyah family based multireligions; (2) family educational model; (3) social behavior in pluralistic Muhammadiyah Family. Qualitative method with the phenomenological approach was applied to uncover the phenomena of human behavior both individuals and groups. This study found: (1) the background of Muhammadiyah family in Tanah Toraja was built by culture and religious factors; (2) the education of Muhammadiyah Family occured in some patterns, they were: plural, consensual, and consensual-protective; (3) the social religious behaviors occurred in socio-religious interaction, formal education, economy, and politics.


Keywords


Pendidikan; Keluarga; Pluralis

Full Text:

PDF

References


Fachrudin. (2011). Peranan Pendidikan Agama dalam Keluarga Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak-anak. Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim, 9(1), 1–16. Retrieved from http://jurnal. upi.edu/file/01_Peranan_ Pendidikan_Agama_dalam_Keluarga_-_Fahrudin.pdf

Ibrahim, R. (2013). Pendidikan Multikultural : Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. ADDIN, 7(1), 129–154. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/54545-ID-pendidikan multikultural-pengertian-prin.pdf

Idrus, N. I. (2016). Mana’ dan Éanan: Tongkonan, Harta Tongkonan, Harta Warisan, dan Kontribusi Ritual di Masyarakat Toraja. ETNOSIA Jurnal Etnografi Indonesia, 1(2). Retrieved from http://journal.unhas.ac.id/index.php/etnosia/article/view/1612/911

Kurniawan, A., & Rudyansjah, T. (2017). Kajian Mengenai Perubahan Afiliasi pada Sistem Organisasi Sosial Masyarakat Lematang. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 18(2), 89–103. Retrieved from http://jurnalantropologi. fisip.unand .ac.id/index.php/jantro/article/view/60/55

Lokollo, J. (1997). Seri Budaya Pela-Gandong dari Pulau Ambon. Ambon: Lembaga Kebudayaan Daerah Maluku.

Mahmud, N. (2013). Lembaga Kebudayaan Daerah Maluku. Kudus: Maseifa Jendela Ilmu.

Maliki, Z. (2010). Pluralisme Agama: Pergulatan Dialogis Islam-Kristen di Indonesia. Malang: UIN-Maliki Press.

Maslikhah. (2007). Quo Vadis Pendidikan Multikultural: Rekonstruksi Sistem Pendidikan berbasis Kebangsaan. Surabaya: JP Books.

Muhammadiyah, P. P. (2012). Pluralisme Agama: Pergulatan Dialogis Islam-Kristen di Indonesia. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Ritzer, G., & Goodman, D. J. (2012). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kenanga.

Sukiyani, F., & Zamroni. (2014). Pendidikan Karakter dalam Lingkungan Keluarga. SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 11(1), 57–70.

Widiyanto, A. (2016). Religious Authority and the Prospects for Religious Pluralism in Indonesia. Zurich: The Deutsche Nationalbibliothek Lit Verlag GmbH & Co. KG Wien.

Yaqin, M. A. (2005). Pendidikan Multikultural: Cross-Cultural Understanding untuk Demokrasi dan Keadilan. Yogyakarta: Pilar Media.

Zada, H. (2006). Agama dan Etnis: Tantangan Pluralis Nilai-Nilai Pluralisme dalam Islam. Jakarta: Nuansa-Fatayat NU-Ford Foundation.




DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n2i7

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan is indexed by:

      

Office Address:

Jl. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

ISSN printed: 1979-3472 ISSN online: 2580-5223

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View Lentera Pendidikan Stats