PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PELUANG MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING

Reka Damayana, Andinasari Andinasari, Lusiana Lusiana

Abstract


Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah diberikan perlakuan, yaitu pembelajaran dengan model discovery learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pembelajaran the one-group pretest-postest design. Variabel yang diukur dalam penelitian ini yaitu peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan variabel perlakuan yaitu model discovery learning. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII.11. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah uji Gain ternormalisasi (N-Gain). Berdasarkan hasil analisis uji N-Gain data tes awal (pretest) dan tes akhir (postest) diperoleh indeks ga in 0,74 dengan kategori tinggi dengan  nilai rata-rata pretest yaitu 38,33 dan nilai rata-rata posttest yaitu 84,69. Oleh karena itu, terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran discovery learning.

Abstract:

The purpose of this study is to find out whether there is an increase in the ability to understand students' mathematical concepts through discovery learning models. The implementation of mathematics learning is still teacher center, this causes the ability to understand students' mathematical concepts is not maximal. The variables measured in this study are increasing the ability to understand students' mathematical concepts and treatment variables, namely discovery learning model. the subject in this study was class VIII.11 and used the quasy method experimental with learning design the one-group pretest-postest design. Data collection techniques using tests. The analysis technique used is the N-Gain Test. Based on the results of the analysis of the initial test N-Gain data (pretest) and the final test (posttest) obtained index gain 0.74 which has a high interpretation with a pretest average value of 38.33 and the posttest average value is 84.69. Then it can be concluded that there is an increase in the ability to understand the mathematical concepts of students after the discovery learning learning model is applied in high categorization.


Keywords


Model Discovery Learning; Pemahaman Konsep Matematis

Full Text:

PDF

References


Aisyah, M. N., Sumintono, B., & Ismail, Z. (2014). Pemahaman Siswa pada Pokok Bahasan Peluang: Studi Kasus di Suatu Sekolah Menengah di Johor Bahru, Malaysia. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1), 19–28. Retrieved from http://eprints.um.edu.my/9996/1/Pemahaman_siswa_pada_pokok_bahasan_peluang_Maizatul-Bambang-Zaleha.PDF.pdf

Andinasari, Zulkardi, Somakim, & Wasiran, Y. (2018). Learning Design of Reciprocal Proportionality Using Airplanes Contex. Journal of Physics: Conf. Series 1166 (2019) 012018. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1166/1/012018

Arikunto, S. (2014). Proses Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamzah, A. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kodirun, Busnawir, & Viktor, E. B. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Lesson Study dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas X MIPA-3 SMA Negeri 5 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2). Retrieved from http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/3085/pdf

Kurniadi, G., & Purwaningrum, J. P. (2018). Discovery Learning Berbantuan Asesmen Hands On Activities. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol.1, 1(1). Retrieved from https://jurnal.umk.ac.id/index.php/anargya/article/view/2463/1376

Lestari, K. E. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Lusiana. (2018). Integrasi Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Contekstual Learning. Wahana Didaktika, 16(3), 366–375.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85. Retrieved from https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/2292/2010

Ramdhani, M. R., Usodo, B., & Subanti, S. (2017). Discovery Learning with Scientific Approach on Geometry Discovery Learning with Scientific Approach on Geometry. Journal of Physics: Conf. Series 895 (2017) 012033. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012033

Suprihatiningrum, J. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif (Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suprihatiningrum, J. (2017). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: A-Ruzz Media.

Suyitno, H., Nurul, E., & Budhiati, R. (2019). The Development of Geometry Concepts Understanding Based on NCTM Reference in Learning Using Discovery Learning Model. Unnes Journal of Mathematics Education, 8(1), 42–48. https://doi.org/10.15294/ujme.v8i1.28683

Zaini, K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE ) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Aljabar Linier Mahasiswa Universitas. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 1(1), 111–120. Retrieved from https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/equation/article/view/1354/1144




DOI: https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n2i4

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan is indexed by:

      

Office Address:

Jl. H. M. Yasin Limpo No. 36 Romangpolong, Samata, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

ISSN printed: 1979-3472 ISSN online: 2580-5223

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View Lentera Pendidikan Stats