The Influence of Boarding Schools on the Formation of the Independent Character of Religious Program Students at MAN 3 Makassar City

Authors

  • Ummu Nurul Fitri Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Saprin UIN Alauddin Makassar
  • Muh Rusdi UIN Alauddin Makassar
  • Abd. Rahman Sakka UIN Alauddin Makassar
  • Muhammad Rusmin B UIN Alauddin Makassar
  • Risna Mosiba UIN Alauddin Makassar

Keywords:

Boarding School, Kemandirian, Program Keagamaan

Abstract

: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sistem boarding school (asrama) terhadap pembentukan karakter kemandirian peserta didik Program Keagamaan di MAN 3 Kota Makassar. Sistem boarding school memungkinkan peserta didik untuk berinteraksi dalam lingkungan yang terstruktur selama 24 jam, yang diharapkan mampu membentuk kemandirian mereka dalam berbagai aspek kehidupan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain ex post facto. Sampel penelitian berjumlah 106 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem boarding school memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan karakter kemandirian peserta didik. Program keagamaan yang diterapkan di MAN 3 Kota Makassar, seperti salat berjamaah, pengajian kitab kuning, dan tahfizh Al-Qur’an, berkontribusi dalam membentuk sikap mandiri, disiplin, dan bertanggung jawab. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa kendala seperti perbedaan tingkat adaptasi peserta didik terhadap kehidupan asrama dan keterbatasan sumber daya manusia dalam pengelolaan asrama. Temuan ini mengindikasikan bahwa sistem boarding school dapat menjadi model pendidikan yang efektif dalam menanamkan kemandirian peserta didik, namun perlu adanya optimalisasi dalam pengelolaan fasilitas dan pembinaan peserta didik agar hasil yang dicapai lebih maksimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, Rizqi, Laily Masruroh, and Burhanuddin Ridlwan, ‘SISTEM PENGELOLAAN PESANTREN DALAM MEBENTUK SIKAP KEMANDIRIAN SANTRI’, Education, Learning, and Islamic Journal, 2.1 (2020), pp. 45–68
Atmaja, Surya, ‘Sistem Pembelajaran Boarding School Dalam Pengembangan Aspek Kognitif, Psikomotorik, Dan Afektifsiswa Man Insan Cendekia Bengkulu Tengah’, Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 4.1 (2019)
Bachrudin, H, and M Kn SH, Relasi Bahasa Indonesia Dan Bahasa Hukum Indonesia Dalam Penyusunan Perjanjian Dan Pembuatan Akta Notaris (Prenada Media, 2023)
Bafadhol, Ibrahim, ‘Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Islamic Boarding School’, Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5.10 (2017)
Budiman, Nandang, ‘Perkembangan Kemandirian Pada Remaja’, Jurnal Pendidikan, 3.1 (2010), pp. 1–12
Desmita, Psikologi Perkembangan Peserta Didik (Remaja Rosdakarya, 2014)
Fauziyah, Nur, and others, ‘Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Sistem Boarding School Di SMA Boarding School Putra Harapan Purwokerto’ (IAIN, 2015)
Fikriyah, Samrotul, Annisa Mayasari, Ulfah Ulfah, and Opan Arifudin, ‘Peran Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Dalam Menyikapi Bullying’, Jurnal Tahsinia, 3.1 (2022), pp. 11–19
Grimalda, Martsa Aliya, Abdul Rahman, and Yosafat Hermawan, ‘Strategi Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Humanis’, INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26.2 (2021), pp. 248–64
Haris, Abdul Haris, ‘Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam’, Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 9.1 (2017), pp. 64–82
Hendriyenti, Hendriyenti, and others, ‘Pelaksanaan Program Boarding School Dalam Pembinaan Moral Siswa Di SMA Taruna Indonesia Palembang’, Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 19.02 (2014), pp. 203–26
John M. Echols, dan Hasan Shadily, Kamus Inggris Indonesia (Gramedia Pustaka Utama, 2014)
Lestari, Sri, Pengembangan Karakter Berbasis Budaya Sekolah (CV. Pilar Nusantara, 2020)
Minsar, Khaerat, Wawancara, 2024
Mus, Sumarlin, and Andi Mapincara, ‘Manajemen Pembelajaran Boarding School’, Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan Dan Pembelajaran, 3 (2019), pp. 24–27
Musbikin, Imam, and others, Penguatan Karakter Kemandirian, Tanggung Jawab Dan Cinta Tanah Air (Nusamedia, 2021)
Nurhaini, Dwi, ‘Pengaruh Konsep Diri Dan Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Terhadap Gadget’, Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6.1 (2018), pp. 92–100
RI, Kementerian Agama, Petunjuk Teknis Pengelolaan Pembelajaran Di Asrama MAN Program Keagamaan Nomor 5600 Tahun 2018 (2018)
Sa’Diyah, Rika, ‘Pentingnya Melatih Kemandirian Anak’, Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16.1 (2017), pp. 31–46
Savitri, Dewi, and Azzah Nor Laila, ‘Implementasi Sistem Boarding School Dalam Membentuk Kepribadian Siswa Pada Yayasan Pendidikan Islam Matholi’ul Huda Troso (Madrasah Aliyah Dan Madrasah Tsanawiyah)’, ISLAMIKA, 6.3 (2024), pp. 1205–20
Setiawan, Irfan, Pembinaan Dan Pengembangan Peserta Didik Pada Institusi Pendidikan Berasrama (Smart Writing, 2013)
Sobri, Muhammad, Kontribusi Kemandirian Dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar (Guepedia, 2020)
Suciati, Wiwik, Kiat Sukses Melalui Kecerdasan Emosional Dan Kemandirian Belajar (Rasibook, 2016)
Suradi, Suradi, ‘Pembentukan Karakter Siswa Melalui Penerapan Disiplin Tata Tertib Sekolah’, Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 2.4 (2017), pp. 522–33
Susiyani, Andri Septilinda, and others, ‘Manajemen Boarding School Dan Relevansinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam Di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta’, Jurnal Pendidikan Madrasah, 2.2 (2017), pp. 327–47
Taqiyudin, Yasa, Syafe’i Syafe’i, and A Fathurrohman, ‘PERAN PESANTREN SEBAGAI BASIS PENANAMAN NILAI KARAKTER RELIGIUS DAN KEMANDIRIAN DI PESANTREN AL-ITTIHAD KABUPATEN CIANJUR JAWA BARAT’, Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 1.2 (2021), pp. 72–79
Witraniyah, Syarifah, Wawancara (2024)
Witro, Doli, Ike Yulisa, and Ali Hamzah, ‘Management Of Productive Waqf In Islamic Boarding School Foundation Adlanyah Tampus Ujung Gading Lembah Melintang District’, Mahkamah: Jurnal Kajian Hukum Islam, 5.1 (2020), pp. 92–103
Wuryandani, Wuri, Fathurrohman Fathurrohman, and Unik Ambarwati, ‘Implementasi Pendidikan Karakter Kemandirian Di Muhammadiyah Boarding School’, Jurnal Cakrawala Pendidikan, 35.2 (2016)

Downloads

Published

2025-07-31

How to Cite

Ummu Nurul Fitri (2025) “The Influence of Boarding Schools on the Formation of the Independent Character of Religious Program Students at MAN 3 Makassar City”, Inspiratif Pendidikan, 14(1), pp. 47–66. Available at: https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/55449 (Accessed: 7 August 2025).

Issue

Section

Artikel