Implementation of the Story Method in the Subject of Islamic Cultural History in Instilling Religious Values in Students in Class X of MAN 1 East Flores

Authors

  • Ashhaabal UIN Alauddin Makassar
  • Muhammad Yahdi UIN Alauddin Makassar
  • Syamsuri UIN Alauddin Makassar

Keywords:

Metode Cerita, Sejarah Kebudayaan Islam, Nilai Keagamaan.

Abstract

Jurnal ini membahas mengenai Implementasi Metode Cerita Pada Mata Pelajaran Sejarah kebudayaan Islam dalam penanaman Nilai Keagamaan peserta didik kelas X MAN 1 Flores Timur yang bertujuan untuk mengetahui: (1) mengetahui metode cerita dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas X MAN 1  Flores Timr (2) mengetahui implementasi metode cerita dalam penanaman nilai keagamaan peserta didik pada mata pelajaran sejarah keudayaan Islam di kelas X MAN 1 Flores Timur (3) mengetahui tantangan dan problem penggunaan metode cerita dalam menanamkan nilai keagamaan peserta didik di kelas X MAN 1 Flores Timur.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini yaitu guru dan peserta didik, sedangkan sumber data sekunder yaitu profil sekolah dan foto-foto pada saat kegiatan penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan  ceklis dokumentasi. Teknik pengolahan data yaitu reduksi data, data display (penyajian data), conclusing drawing/verivication (penarikan kesimpulan).

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran yang digunakan di kelas X MAN 1 Flores Timur  adalah metode cerita. (1) Implementasi Metode Cerita Pada Mata Pelajaran Sejarah kebudayaan Islam cukup efektif Sebagai bukti bahwa proses pembelajaran yang aktif di kelas serta respon dari peserta didik terhadap mata pelajaran tersebut. (2)  Implementasi metode cerita dalam penanaman nilai keagamaan peserta didik kelas X MAN 1 Flores Timur memiliki peran penting dalam mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam beberapa alasan diantaranya meningkatkan pemahaman dan kedekatan emosional, memperkuat ingatan dan daya Tarik, mengembangkan nilai-nilai moral dan spiritual, dan meningkatkan partisipasi dan keterlibatan peserta didik. (3) problem yang dihadapi dalam menggunakan metode cerita yaitu rendahnya konsentrasi peserta didik yang disebabkan oleh jadwal pelajaran yang ditempatkan di akhir.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nurkholis, Pendidikan Dalam Upaya Untuk Memajukan Teknologi,

jurnal kependidikan,(2013). h 24-44.

Syahraini, Tambak. Metode Cerita dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2016.

Albi Anggito & Johan Setiawan, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Sukabumi: CV Jejak, 2018),h. 8.

Hopkins, Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2016), h. 157

Fadlan, Achmad dan Harianto, Efektivitas Metode Cerita Dalam Perkembangan Bahasa Anak oleh Dodi (2019). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini.

Hajrah, Pengembangan Metode Cerita Pada Anak Usia Dini. Administrasi Pendidikan Kekhususan PAUD, (2018).

Published

2025-07-24

How to Cite

Ashhaabal, Yahdi, M. and Syamsuri (2025) “Implementation of the Story Method in the Subject of Islamic Cultural History in Instilling Religious Values in Students in Class X of MAN 1 East Flores”, Inspiratif Pendidikan, 14(1). Available at: https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/59067 (Accessed: 2 August 2025).

Issue

Section

Artikel