The Relationship between Self-Confidence and Learning Independence with Student Learning Achievement in Islamic Religious Education and Character Education Subjects
Keywords:
self-confidence, learning independence, learning outcomes.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keyakinan diri dan kemandirian belajar dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Budi Pekerti pada peserta didik kelas VIII SMPN 31 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 290 peserta didik, dengan sampel sebanyak 74 peserta didik yang ditentukan melalui rumus Slovin. Instrumen ppenelitian yang digunakan berupa angket dan diuji menggunaka IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan keyakinan diri dengan hasil belajar memiliki koefisien korelasi sebesar -0,126 dengan nilai sig. = 0,286 (> 0,05). Artinya, tidak terdapat hubungan signifikan antara keyakinan diri dengan hasil belajar. Sedangkan hubungan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar memiliki koefisien korelasi sebesar -0,191 dengan nilai sig. = 0,103 (> 0,05). Artinya, tidak terdapat hubungan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar. Kedua variabel bebas tidak berhubungan dengan variabel terikat. Bahkan arah korelasi menunjukan hubungan negatif meskipun lemah, yang berarti semakin tinggi keyakinan diri atau kemandirian belajar justru cenderung diikuti penurunan hasil belajar.
Downloads
References
Ade Abikusno, Abduloh Suntoko Tedi Purbangkara. Peningkatan Dan Pengembangan Prestasi Belajar Peserta Didik. 1st ed. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia, 2022.
Aminah, Mimin, and Ida Maulida. “Pengaruh Self-Regulated Learning Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa Mimin.” Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan 6, no. 1 (2020): 132–38.
Ariani Nurlina, Masruro Zulaini, Saragih Siti Zahra. Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. Edited by Rismawati. ! Bandung: Widina Bhakti Persada Bandung, 2022.
Chairunnisa, Wa Ode Chahyani, Murtihapsari Murtihapsari, and Christiana Niken Larasati. “Efikasi Diri Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Di Sma.” Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha 5, no. 2 (September 16, 2021): 75–82. https://doi.org/10.23887/jjpk.v5i2.38608.
Creswell, John W. “Research Design,” 2023, 171.
Hidayat, Dede Rahmat, Ana Rohaya, Fildzah Nadine, and Hary Ramadhan. “Kemandirian Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19.” Perspektif Ilmu Pendidikan 34, no. 2 (2020): 147–54. https://doi.org/10.21009/pip.342.9.
Karmila, Nita, and Siti Raudhoh. “Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa.” Pedagonal : Jurnal Ilmiah Pendidikan 4, no. 2 (2020): 108–11. https://doi.org/10.33751/pedagonal.v4i2.2692.
Kartimi, Indah Rizky Anugrah, and Istiqomah Addiin. “Systematic Literature Review : Science Self-Efficacy in Science Learning Tinjauan Pustaka Sistematis : Efikasi Diri Dalam Pembelajaran Sains.” Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam 9, no. 2 (2021): 13–34. https://doi.org/10.1787/acd78851-en.
Lianto, Lianto. “Self-Efficacy: A Brief Literature Review.” Jurnal Manajemen Motivasi 15, no. 2 (2019): 55. https://doi.org/10.29406/jmm.v15i2.1409.
Masruroh, Siti, Nurwadjah Ahmad, and Andewi Suhartini. “Implementasi Nilai Iman , Islam Dan Ihsan Pada Pendidikan.” Muntazam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 02, no. 1 (2021): 56–70.
Muhamad Januaripin, and Munasir. “Kepercayaan Diri Sebagai Prediktor Prestasi Akademik Siswa.” Kamaliyah : Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (2024): 114–28. https://doi.org/10.69698/jpai.v2i1.575.
Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2, no. 1 (2022): 1–8.
Reyhing, Yvonne, and Sonja Perren. “Self-Efficacy in Early Childhood Education and Care: What Predicts Patterns of Stability and Change in Educator Self-Efficacy?” Frontiers in Education 6, no. April (2021): 1–10. https://doi.org/10.3389/feduc.2021.634275.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif. Edited by Setiyawami. 3rd ed. Yogyakarta: Alfabeta, 2024.
Wahyuni, Siti Farah, and Dahlia Dahlia. “Hubungan Antara Efikasi Diri Akademik Dengan Prestasi Akademik Pada Siswa Sma Di Banda Aceh.” Seurune : Jurnal Psikologi Unsyiah 3, no. 2 (2020): 80–100. https://doi.org/10.24815/s-jpu.v3i2.17612.











