FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PANGSA PASAR INDUSTRI KEUANGAN SYARIAH NON-BANK

  • Diharpi Herli Setyowati Politeknik Negeri Bandung
    (ID)
  • Ayu Sartika Politeknik Negeri Bandung
    (ID)
  • Setiawan Setiawan Politeknik Negeri Bandung
    (ID)

Abstract

Pangsa pasar yang dapat dikuasai Industri Keuangan Syariah Non-Bank masih terbilang kecil, sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh Return on Assets (ROA), Return on Equity (ROE), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), dan Inflasi terhadap Pangsa Pasar Industri Keuangan Syariah Non-Bank. Data yang digunakan adalah data sekunder yang merupakan penggabungan antara data time series dan cross section, sehingga menjadi data panel. Populasi dalam penelitian ini adalah IKNB Syariah di Indonesia yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan sebanyak lima sektor, sedangkan sampel penelitian ini yaitu tiga sektor Industri Keuangan Non-Bank Syariah yang tersedia laporan keuangan bulanannya. Metode analisis data penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan program SPSS versi 18. Beradasarkan hasil pengujian, data yang digunakan terdistribusi normal dan memenuhi seluruh kriteria uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif dari ROA dan BOPO terhadap pangsa pasar, sedangkan ROE memiliki pengaruh positif terhadap pangsa pasar. Variabel Inflasi tidak memiliki pengaruh terhadap pangsa pasar. Kontribusi keseluruhan variabel independen terhadap variabel dependen yaitu Pangsa Pasar adalah sebesar 67%, sedangkan sisanya ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asmoro, W. P. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Market Share Bank Syariah di Indonesia. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.

Asnawi, S. K., & Wijaya, C. (2005). Riset Keuangan: pengujian-Pengujian Empiris. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Assauri, S. (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Chapra, M. U. (2000). Sistem Moneter Islam. Jakarta: Gema Insani Pers.

Faza, N. I. (2017). Analisis Kontribusi Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) Konvensional dan Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) Syariah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2014-2017. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Harinaldi. (2010). Prinsip-Prinsip Statistik. Jakarta: Erlangga.

Masassya, E. G. (2014). Rahasia Investasi Pribadi. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Muliawati, N. L., & Maryati, T. (2015). Analisis Pengaruh Inflasi, Kurs, Suku Bunga dan Bagi Hasil terhadap Deposito pada PT Bank Syariah Mandiri 2007-2012. Seminar Nasional Cendekiawan 2015.

Purboastuti, N., Anwar, N., & Suryahani, I. (2015). Pengaruh Indikator Utama Perbankan Terhadap Pangsa Pasar Perbankan Syariah. Journal of Economic and Policy, 8(1), 13-22.

Rahman, A. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Market Share Bank Syariah. Analytica Islamica, 5(2), 291-314.

Rofiatun, N. F. (2016). Pengaruh Pangsa Pasar dan Indikator Perbankan terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah Indonesia. Journal of Islamic Economics Lariba, 2(1), 13-24.

Stiawan, A. (2009). Analisis Pengaruh Faktor Makroekonomi, Pangsa Pasar dan Karakteristik Bank Terhadap Profitabilitas Bank Syariah. Tesis, Universitas Diponegoro, Semarang.

Ulum, F. (2017). Progresifitas Regulasi Keuangan Syariah di Indonesia. Jurnal Hukum dan Perundangan Islam, 7(2), 422.

Usanti, T. P., & Shomad, A. (2017). Hukum Perbankan. Jakarta: Kencana.

Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kuantitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Published
2019-12-19
How to Cite
Setyowati, D. H., Sartika, A., & Setiawan, S. (2019). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PANGSA PASAR INDUSTRI KEUANGAN SYARIAH NON-BANK. Jurnal Iqtisaduna, 5(2), 169-186. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v5i2.10986
Section
Volume 5 Nomor 2 (2019)
Abstract viewed = 4916 times