KAJIAN PENERAPAN AKUNTANSI ZAKAT DAN INFAQ/SEDEKAH BERDASARKAN PSAK 109 PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA MAKASSAR

  • Muhammad Fardan Ngoyo Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Lince Bulutoding Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  mengkaji  penerapan  Akuntansi  zakat  dan Infaq/Sedekah   berdasarkan   PSAK   109   pada   BAZNAS   Kota   Makassar.   Jenis penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif-interpretif. Adapun sumber data penelitian ini adalah data primer yang berasal dari wawancara dengan pihak pengelola BAZNAS Kota Makassar. Untuk data sekunder, didapatkan dari laporan keuangan, profil lembaga, dan arsip kegiatan BAZNAS Kota Makassar.

Setelah dilakukan pengujian analisis data yang telah dikumpulkan  dan  dibandingkan  dengan  PSAK  109, diketahui bahwa pencatatan  laporan  keuangan BAZNAS Kota Makassar menggunakan model single entry. Dalam pencatatan laporan keuangannya BAZNAS membagi pos dana menjadi 3 bagian yakni, kas dana Zakat, kas dana, infaq haji, dan kas dana infaq PNS. Sedangkan  dalam  penyalurannya  membagi  dan mencatat penyaluran sesuai dengan program yang ditetapkan yakni, program keagamaan,  program kesehatan dan pendidikan, program ekonomi dan SDM, dan program  bidang  Sosial.  Dalam  proses  pelaporan  keuangannya  BAZNAS  Kota Makassar hanya membuat Laporan Perubahan Dana. Hal ini dipengaruhi oleh metode pencatatan yang digunakan yaitu  single entry sehingga sulit untuk menentukan pos- pos keuangan  yang dibutuhkan dalam pelaporan keuangan lainnya seperti neraca. BAZNAS Kota Makassar belum menggunakan sistem double entry dan belum menghasilkan lima laporan keuangan menurut PSAK 109. Dengan demikian, pencatatan yang dilakukan oleh BAZNAS Kota Makassar belum  sepenuhnya  sesuai dengan PSAK 109.

Kata kunci: Zakat, Infaq/Sedekah, Akuntansi Zakat dan Infaq/Sedekah, PSAK 109

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Halim. 2008. Akuntansi Keuangan Daerah. Jakarta Salemba 4, h. 43.

Anis Chariri, Landasan Filsafat dan Metode Penelitian Kualitatif, Paper disajikan pada Workshop Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Laboratorium Pengembangan Akuntansi (LPA) UNDIP Semarang, 31 Juli-1 Agustus 2009) h. 05.

Dowling dalam Eka Siskawati dan Elfitri Santi, Akuntabilitas Lingkungan pada PT Semen Padang dalam Perspektif Legitimacy Theory, Jurnal Akuntansi dan Manajemen Vol 4 No 1 Tahun 2009, h.44.

Hadi dalam Farida Efriyanti dan Sarah Genevine, Analisis Perbandingan dan Pelaksanaan Corporate Social Responsibility Terhadap PT. Bank Negara Indonesia, Jurnal Akuntansi Keuangan Vol.3 No.2 Tahun 2014, h.271.

Harahap dalam Iwan Triyuwono. 2012. Akuntansi Syariah; Perspektif, Metodologi, dan Teori Cet ke-III, Jakarta: Rajawali Press, h. 29.

Hendra F Santoso. Akuntansi Anggaran. Jurnal Akuntansi Vol.10, No.3 September 2010, Fakultas Ekonomi Universitas Krida Wacana, h. 233

Ikatan Akuntansi Indonesia, 2008, Exposure Draft (ED) PSAK No. 109 tentang zakat dan infaq/sedekah, h. 03.

Meutia dalam Farida Efriyanti dan Sarah Genevine, Analisis Perbandingan dan Pelaksanaan Corporate Social Responsibility Terhadap PT. Bank Negara Indonesia, Jurnal Akuntansi Keuangan Vol.3 No.2 Tahun 2014, h. 271.

Nizar Nasrullah. Pengaruh kompetensi Sumber Daya Manusia dan penerapan Standar Akuntansi Zakat, Infaq, dan sedekah (PSAK 109) Terhadap Laporan Keuangan, Jurnal Accounting Universitas Siliwangi Tasikmalaya, Vol.3 No.2 Tahun 2011, h. 02.

Sugiyono, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Cet. ke-XXI , Bandung: Alfabeta, h. 09.

Published
2016-12-07
How to Cite
Ngoyo, M. F., & Bulutoding, L. (2016). KAJIAN PENERAPAN AKUNTANSI ZAKAT DAN INFAQ/SEDEKAH BERDASARKAN PSAK 109 PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA MAKASSAR. Jurnal Iqtisaduna, 2(2), 173-188. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v2i2.3117
Section
Volume 2 Nomor 2 (2016)
Abstract viewed = 891 times

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>