Kecenderungan Minat Transaksi Pedagang Terhadap Bank Konvensional Dibanding Bank Syariah

  • Asrahmaulyana Asrahmaulyana Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cenderungnya minat pedagang terhadap bank konvensional atau bank syariah dan apa saja faktor yang paling menentukan kecenderungan minat pedagang dalam menabung atau mengambil pinjaman di bank BRI Unit Samataring maupun BSI KCP Sinjai. Penelitian ini akan dilakukan di Kecamatan Sinjai Timur, Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan yang merupakan salah satu Kabupaten yang sedang berkembang. Penelitian ini menggunakan data primer yang dilakukan berdasarkan wawancara langsung data yang berhubungan langsung dengan para pedagang. Kemudian peneliti menggunakan metode AHP (Analytical Heararchy Process) untuk menganalisis data yang diperoleh dari sumber/responden yang tidak diwawancarai secara langsung tetapi melalui pengisian kuesioner misalnya, pedagang lain, pengunjung pasar,  orang lewat, maupun yang bertempat tinggal di sekitar pasar tersebut.  Hasil dari penelitian ini menunjukan faktor sikap dan kepribadian menempati urutan pertama dalam mempengaruhi minat pedagang/masyarakat di sekitar Pasar Desa Baringeng dalam bertransaksi dengan bobot sebesar 17,5 persen. Peringkat kedua dan ketiga ditempati oleh faktor gaya hidup dan faktor pendapatan dengan bobot masing-masing sebesar 15,3 persen dan 9,9 persen. Kemudian disusul oleh faktor kepercayaan dengan bobot sebesar 9,4 persen. Faktor resiko dan faktor bagi hasil diurutan kelima dan keenam dengan bobot masing-masing yaitu sebesar 8,7 persen dan  7,3 persen. Faktor motivasi diurutan berikutnya dengan bobot sebesar 6,8 persen, kemudian ada faktor pelayanan dan faktor lokasi diurutan kedelapan dan kesembilan dengan bobot masing-masing sebesar 6,5 persen dan 6,1 persen. Di urutan selanjutnya adalah faktor agama berada diurutan kesepuluh dengan bobot sebesar 5,2 persen, faktor promosi diurutan kesebelas sebesar 3,9 persen, kemudian disusul lagi oleh faktor fasilitas yang menempati urutan terakhir dengan bobot sebesar 3,4 persen.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi Mappiare. (1994). Psikologi Orang Dewasa Bagi Penyesuaian Dan Pendidikan, Surabaya, Usana Offsetprinting.
Abdul Rahman Shaleh dan Muhbib Abdul Wahab.( 2004). Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. (Jakarta: Prenada Media).
Abdurrahman, Nana Herdiana. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: Pustaka Setia.
Ascarya. (2015). Akad dan Produk Bank Syariah, Jakarta: Rajawali Pers.
Basu Swastha dan Irawan. 2013. Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.
Budisantoso, T dan Triandaru, S. 2006, Bank dan Lembaga Keuangan Lain, Salemba Empat: Jakarta.
Donni, Juni Priansa. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.
Fuady, Munir. 2004. Hukum Perbankan Modern. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.
Hidayat, Rahmat, dan Sapha, Diana A. 2017. Dampak Kemacetan Terhadap Sosial Ekonomi Pengguna Jalan di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM). Vol.2 No.1 : 176-186
Ismail. (2011). Perbankan Syariah. Edisi Pertama, Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Ismanto, K. (2009). Manajemen Syariah: Implementasi TQM Dalam Lembaga Keuangan Syariah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Karim, A. A. (2014). Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: Rajawali Pers.
Kasmir. (2002) Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Khasmir. (2015). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Satu. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Komarudin. (1994_. Ensiklopedia Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara
Kuran, T. (2004). Islam & Mammon. Princeton: Princeton University Press.
Nasikhah, Duratun. (2013). Hubungan Antara Tingkat Religiusitas Dengan Perilaku Kenakalan Remaja Pada Masa Remaja Awal. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, (2).
Nisak, Arifatun, dkk. (2012). Pengaruh kelompok acuan dan pengetahuan tentang perbankan syariah tergadap minat menabung di perbankan syariah semarang. Jurnal.
Ma’rifah, Iknatul. (2017). Pengaruh Tingkat Bagi Hasil dan Promosi Terhadap Minat Masyarakat dalam Memilih Tabungan Berjangka Mudharabah pada PT. BPRS Dana Amanah Surakarta. IAIN Surakarta: Skripsi tidak diterbitkan.
Nugroho, A. O., & Veronica, R. B. (2021). Penerapan Metode AHP Sebagai Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Tempat Kerja. UNNES Journal of Mathematics : Vol. 10, No.1, e-ISSN 2460-5859.
Phillip,Kotler dan Kevin Lane, Keller. (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi 15, ( Pearson Education).
Phillip, Kotler & Gerry, Armstrong. (2014): Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall. Pearson Education Limited.
Phillip, Kotler. (2017). B2B Brand Management: Dengan branding membangun keunggulan dan memenangi kompetisi , Jakarta: PT Bhuana Ilmu Popoler.
Prawira, Erlangga. (2017). Pengaruh Promosi dan Pemahaman Mahasiswa terhadap Minat Menabung di Bank Syariah yang di Mediasi dengan Religiusitas Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Rochaety, Eti dan Ratih Tresnati. (2005). Kamus Istilah Ekonomi. Cetakan Pertama. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Sudarsono, Heri. (2012). Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah:Deskripsi Dan Ilustrasi. Yogyakarta: Ekosoria.
Sudarsono, Heri. & Suseno, Priyonggo. (2004). Istilah-istilah Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Yogyakarta: UII Press.
Ismailia. Yasinta. (2018). Pengaruh Gaya Hidup Syariah dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Klinik Kecantikan Muslimah Aishaderm. Skripsi Sarjana: Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Wardani A. (2009). Pengaruh kepercayaan, pelayanan, dan fasilitas bank terhadap perilaku menabung (Studi pada nasabah bank Purworejo). Jurnal Ekonomi UNMER. Vol 9 No 2.Retrieved Oktober 13, 2013.
Y. E. (2014). Analisa Pengaruh Kepercayaan, Jaminan Rasa Aman, dan Aksesbilitas terhadap Minat Menabung Nasabah Bank Danamon, 2, No. 1.
Published
2021-12-23
How to Cite
Asrahmaulyana, A. (2021). Kecenderungan Minat Transaksi Pedagang Terhadap Bank Konvensional Dibanding Bank Syariah. Jurnal Iqtisaduna, 7(2), 218-237. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v7i2.34776
Section
Volume 7 Nomor 2 (2021)
Abstract viewed = 263 times