Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Prima Berhadiah Terhadap Kenaikan Dana Pihak Ketiga di Bank Muamalat Indonesia Cabang Makassar

  • Warda Bachtiar Institut Agama Islam Negeri Parepare
    (ID)
  • Syahrir Mallongi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Amiruddin Kadir Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi pemasaran produk Tabungan Prima Berhadiah terhadap dana pihak ketiga di Bank Muamalt Indonesia Cabang Makassar. Untuk itu, penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dengan sumber data dari informan yang berasal dari nasabah dan pegawai internal BMI Cabang Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi ini dipandang berhasil dalam meningkat dana pihak ketiga BMI Cabang Makassar. Adapun yang menjadi faktor penarik adalah sistem dan mekanisme dari program ini yang tidak memberatkan nasabah. Sedangkan faktor yang menjadi kelemahannya adalah adanya saldo mengendap dan pemotongan sebelum waktunya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, A. Kadir. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kualitatif. Makassar: Indobs Media Centre, 2003.
Algoud, Lativa M & Meryn K. lewis. Perbankan Syariah: Prinsip, Praktik dan Prospek. Jakarta: Serambi, 2004.
Alma, Buchari & Donni Juni Priansa. Manajemen Bisnis Syarah. Bandung: Allfabeta, 2014.
Faiqoh, Rida. “Analisis Strategi Pemasaran KPR Syariah di Bank Muamalat Cabang Kudus”, Iqtishadiah 6, no. 2, 2013.
Fauzi, Y. (2015). MANAJEMEN PEMASARAN PERSPEKTIF MAQASID SYARIAH. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. https://doi.org/10.29040/jiei.v1i03.51
FITRIANI, L., & AINI, A. (2016). PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP MINAT NASABAH MEMILIH PRODUK TABUNGANKU (Studi di Bank Muamalat Indonesia Cabang Serang). ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam. https://doi.org/10.32678/ijei.v5i1.4
Fitri, Maltuf. “Peran Dana Pihak Ketiga Dalam Kinerja Lembaga Pembiayaan
Halimah, A. (2018). Syariah Marketing, Service Excellence,. Journal of Finance and Islamic Banking.
Huda, Nurul dan Mustafa Edwin Nasution. Current Issues Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Prenada Media Grup, 2009.
Kirk, Jarome & Marc L. Miller. Realibility and Validity in Qualitative Research. Vol.I. Beverly Hills: Sage Publication, 1986.
Kotler dan Amstrong. (2017). Manajemen Pemasaran. Manajemen Pemasaran.
Meloeng, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT Raja Rosda Karya, 2009), h. 6.
Nawawi, Hadari dan Martini Hasan. Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Cet. II. Yogyakarta: Gajah Mada Universiti Press, 1995.
Nawawi, Ismail Fiqh Muamalah Klasik dan Kontemporer. Bogor: Halia Indonesia, 2012.
Pudhihardjo, M. m. (2019). Fikih Muamalah Ekonomi syariah. In Fikih Muamalah Ekonomi.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung:Alfabeta. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D.Bandung:Alfabeta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Thorik, G. (2007). Marketing Muhammad: Strategi Andal dan Jitu Praktik Bisnis Nabi Muhammad SAW. In Madania Prima.
Umam, K. (2020). SEJARAH PEMBANGUNAN HUKUM PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA. Veritas et Justitia. https://doi.org/10.25123/vej.3629
Published
2021-12-14
How to Cite
Bachtiar, W., Mallongi, S., & Kadir, A. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Produk Tabungan Prima Berhadiah Terhadap Kenaikan Dana Pihak Ketiga di Bank Muamalat Indonesia Cabang Makassar. Jurnal Iqtisaduna, 7(2), 238-248. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v7i2.36236
Section
Volume 7 Nomor 2 (2021)
Abstract viewed = 96 times