Analisis Faktor- Faktor Keputusan Milenial Kota Medan Dalam Berinvestasi Emas Logam Mulia Pada Bank Syariah

  • Mildayani Siregar Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
    (ID)
  • Annio Indah Lestari Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
    (ID)
  • Siti Aisyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
    (ID)

Abstract

Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pengetahuan, harga emas, pendapatan dan motivasi terhadap keputusan milenial dalam berinvestasi emas logam mulia. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner serta populasi dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 400 orang. Penyebaran kuisioner kepada responden dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Kemudian data yang telah berhasil terkumpul diuji dengan alat bantu aplikasi SmartPLS 3.2.9. Penelitian ini memperoleh hasil variabel pengetahuan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan milenial dalam berinvestasi emas. Variabel harga emas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan milenial dalam berinvestasi emas logam mulia. Variabel pendapatan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan milenial dalam berinvestasi emas logam mulia. Variabel motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan milenial dalam berinvestasi emas logam mulia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Malik. (2022b). Untung Rugi Investasi Emas Perhiasan Dan Logam Mulia. Bareksa. Dwi Hadya Jayani. (2021). Jumlah Penduduk Menurut Generasi. Databoks.

Endah Hardiati, Annio Indah Lestari Nasution, M. L. I. N. (2022). Pengaruh Motivasi,

Pengetahuan, Dan Kemajuan Teknologi Terhadap Keoutusan Berinvestasi Mahasiswa UIN Sumatera Utara Di Pasar Modal Syariah. Jurnal Manajemen Akuntansi (JUMSI), Vol. 2, 462.

Maleha, N. Y., Saluza, I., & Setiawan, B. (2021). Dampak Covid-19 Terhadap Pendapatan Pedagang Kecil Di Desa Sugih Waras Kec. Teluk Gelam Kab. OKI. Teluk Gelam Kab. OKI. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(03), 1445. http://jurnal.stie- aas.ac.id/index.php/jiedoi:http://dx.doi.org/10.29040/jiei.v7i3.3476

Marbun, M. B. (2019). Pengaruh Motivasi Investasi Dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Mahasiswa Berinvestasi Di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi SMIK-STIE Mikrosik).

Rafika, N. A. A. (2021). Tinjauan Hukum Islam Tentang Investasi Emas Aneka Tambang (pp. 21–22).

Sholeh Dipraja. (2011). Golden Planner Pasti Kaya Dengan Investasi Emas. PT. Tangga Pustaka.

Syafira Maulida. (2022). Investasi Emas dalam Islam, Investasi Halal Bagi Umat Muslim. Tanamduit.

Published
2023-06-30
How to Cite
Siregar, M., Nasution, A. I. L., & Aisyah, S. (2023). Analisis Faktor- Faktor Keputusan Milenial Kota Medan Dalam Berinvestasi Emas Logam Mulia Pada Bank Syariah. Jurnal Iqtisaduna, 9(1), 116-131. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v9i1.36544
Section
Volume 9 Nomor 1 (2023)
Abstract viewed = 173 times